Bagaimana Beli Emas Online untuk Investasi?

Bagaimana Beli Emas Online untuk Investasi?
Tue, 02 02 2016
Bagikan :

Mempunyai simpanan emas adalah salah satu investasi paling populer di dunia dari sejak dulu kala hingga sekarang. Dibandingkan jenis logam mulia lainnya, emas masih merupakan jenis logam mulia paling dipilih sebagai investasi. Emas dapat menjadi alat tukar transaksi perdagangan, bersifat portabel, dan berlaku secara internasional di seluruh dunia.

Dalam dunia perdagangan keuangan, emas termasuk dalam jenis produk komoditi keras. Sebagai produk komoditi, emas dapat diperdagangkan pada pasar spot, futures, atau option. Umumnya berbentuk kontrak yang dapat diperdagangkan dengan mudah.

Kontrak komoditi futures emas sama saja dengan kontrak komoditi futures lain yaitu prinsipnya perjanjian penyerahan ke depan dengan harga tertentu. Kontrak futures komoditi emas sudah mempunyai standar resmi berapa ukurannya, kualitasnya, kapan waktunya, dan tempat penyimpananya oleh lembaga dunia yang mempunyai otoritas. Perdagangan komoditi emas dalam bentuk spot atau option dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.

Jenis investasi pasar emas yang cocok untuk Anda adalah sesuai dengan jumlah uang yang ingin Anda gunakan untuk membeli emas, tujuan dari investasi Anda, besaran risiko yang kira-kira dapat Anda tanggung, dan lama waktu yang Anda inginkin untuk investasi emas.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, perdagangan emas kini dapat dilakukan dalam berbagai jenis dan cara investasi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bullion gold bars atau emas batangan lantakan
  • Gold coins atau koin emas
  • Gold rounds atau mirip seperti koin emas hanya saja tidak mempunyai nilai secara mata uang
  • Exchange-traded products atau produk yang diperdagangkan di bursa (dapat berupa exchange-traded funds (ETFs), exchange-traded notes (ETNs), dan closed-end funds (CEFs)).
  • Gold certificates atau sertifikat emas
  • Gold accounts atau rekening emas
  • Derivatives (seperti forwards, futures, dan spot emas), contract for differences (CFDs atau kontrak), dan spread betting (spekulasi spread)
  • Gold mining company shares atau saham perusahaan pertambangan emas

Karena kemajuan teknologi pula, saat ini Anda bisa membeli berbagai jenis investasi emas secara online tanpa perantara. Bagaimana cara beli emas online? Berikut adalah urutan caranya dan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat beli emas online:

  1. Cari dealer emas
  1. Teliti memilih dealer. Saat beli emas online melalui dealer, pastikan Anda memilih yang sudah memiliki reputasi. Telitilah siapa yang menanggung asuransi emasnya, terdaftar di otoritas resmi yang bisa mendeteksi tindak penipuan, dan yang terakhir menunjukkan jaminan produk emasnya.
  2. Berhati-hatilah. Tak semua dealer emas online jujur dengan tawaran produk dan perjanjian emasnya. Berhati-hatilah jika dealer hanya mempunyai alamat yang tidak jelas seperti misalnya alamat email contact person-nya hanya beralamat Gmail, Yahoo!, atau Hotmail. Hati-hati pula jika si dealer tidak mempunyai sistem transaksi kartu kredit yang aman. Pastikan situs transaksi kartu kredit mempunyai icon “gembok” dan beralamat https, bukan http saja. Hati-hati pula jika dealer tak mampu menunjukkan spesifikasi pengiriman.
  3. Hubungi langsung. Sebelum bertransaksi, cobalah hubungi langsung dealer. Tanyakan item rinci yang ingin Anda beli, jaminan, jenis-jenis metode pembayaran, dan kebijakan pengembalian. Bagaimana penjelasan mereka akan menunjukkan apakah mereka cukup kredibel atau tidak.
  1. Pahami emas Anda
  1. Tentukan produk emas yang ingin Anda beli. Caritahu jenis-jenis produk emas, harga, dan ketersediaannya. Contoh jenis emas yang dijual online oleh dealer adalah bullion dan koin.
  2. Tentukan batasan. Pastikan Anda pikir baik-baik berapa besar dana yang akan Anda gunakan untuk membeli emas online. Tanpa parameter keuangan yang teliti, Anda bisa tergiur belanja emas melebihi jumlah yang tak mampu Anda tanggung risikonya.
  3. Caritahu harga emas terkini. Banyak sekali situs penyedia informasi harga emas dunia maupun emas nasional (Antam). Beberapa akan mencantumkan harga emas dalam mata uang asing seperti dolar, euro, yen, franc, dan rupee. Dealer yang baik juga harus yang menyediakan fasilitas informasi terkini analisa pasar dan artikel analisa pasar emas dunia maupun nasional.
  1. Gunakan broker terpercaya. Jika Anda kesulitan dalam mencari dealer emas online yang kredibel, Anda bisa menggunakan jasa broker komoditi emas online. Cara memilih broker yang terpercaya hampir sama seperti memilih dealer emas diatas.

Selamat membeli dan berinvestasi emas online!

Kembali ke daftar berita
Monex Investindo Futures
Live Account
  
Demo Account