Mengenal Investasi Pasar Keuangan dan Online Trading Indonesia

Mengenal Investasi Pasar Keuangan dan Online Trading Indonesia
Tue, 02 02 2016
Bagikan :

Investasi di pasar keuangan terbukti dapat menjadi penghasilan tambahan dan bahkan penghasilan utama yang menjanjikan. Pasar keuangan adalah pasar dimana orang memperdagangkan item-item sekuritas, komoditi, dan item-item yang dapat dipertukarkan lainnya dengan biaya transaksi yang kecil dan dengan harga yang menunjukkan suplai (supply) dan permintaan (demand).

Beberapa jenis pasar keuangan diantaranya adalah pasar modal yang terdiri atas pasar saham dan pasar obligasi, pasar komoditi, pasar uang, pasar derivatif, pasar kontrak berjangka, pasar asuransi, dan pasar valuta asing.

Istilah pasar dalam pasar keuangan sendiri artinya kumpulan para pembeli dan para penjual barang dan jasa keuangan termasuk transaksi keuangan diantara mereka. Perdagangan di pasar keuangan difasilitasi oleh organisasi keuangan misalnya untuk pasar saham difasilitasi oleh bursa saham, sedangkan pasar komoditi diorganisir oleh bursa komoditi.

Aktivitas pasar keuangan dapat dilakukan secara pasar lokasi fisik dan pasar sistem elektronik. Contoh pasar lokasi fisik seperti misalnya pada New York Stock Exchange (NYSE), Bombay Stock Exchange (BSE), National Stock Exchange of India (NSE), atau jika di Indonesia terdapat Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX). Sedangkan pasar lokasi sistem elektronik contohnya adalah NASDAQ, NYSE Arca, dan Globex.

Jika dalam perdagangan pasar bursa lokasi fisik dilakukan perdagangan oleh wakil pialang atau broker secara langsung di tempat, maka pasar bursa sistem elektronik menggunakan electronic trading platform.

Platform perdagangan elektronik merupakan software komputer yang dapat digunakan untuk melakukan order produk keuangan melalui sebuah jaringan dengan perantara finansial. Produk pasar keuangan yang diperdagangkan termasuk saham, obligasi, valuta asing, komoditi, dan derivatif.

Electronic trading platform dapat diinstal di PC, notebook, tablet, atau smartphone. Dengan electronic trading platform, pengguna dapat melakukan online electronic trading dimanapun dan kapanpun tanpa dibatasi kehadiran langsung seperti perdagangan lantai bursa tradisional (floor trading) di pasar bursa lokasi fisik yang memakai open outcry (berteriak dan melambaikan tangan sebagai sinyal order beli atau jual) dan perdagangan berbasis komunikasi telepon.

Contoh electronic trading platform adalah MetaTrader 4 (MT4), AlphaPoint, Electronic Broking Services, Genium INET, Liquidnet, Millenium Exchange, OTC Markets Group platform, Plus500, Sola Trading, THOR, Turquoise, VertexFX, dan Xetra.

Electronic trading platform dijalankan pada sebuah electronic trading system oleh pialang atau broker, market maker atau liquidity provider, investment bank, atau stock exchange. Ada ratusan online brokerages di dunia. Ada yang merupakan perusahaan khusus broker online dan ada pula yang dimiliki bank tertentu.

Salah satu perusahaan broker online trading Indonesia yang terbesar adalah PT. Monex Investindo Futures yang menggunakan electronic trading platform MetaTrader 4 (MT4) yang sudah dikenal kehandalannya secara internasional dan digunakan oleh beberapa broker di seluruh dunia.

PT. Monex Investindo Futures yang beralamat situs di www.mifx.com ini memperdagangkan berbagai jenis produk pasar keuangan yang sangat lengkap mulai dari valuta asing (forex) dan komoditi (seperti misalnya emas dan perak), indeks saham (seperti index saham Asia, Amerika Serikat, dan Eropa), Contracts for Differences (CFDs) (seperti misalnya CFD Saham Jepang, Hong Kong, dan Amerika Serikat), dan komoditi multilateral (seperti misalnya BBJ/JFX, BKDI/ICDX, dan Emas).

Beragam jenis produk pasar keuangan tersebut dapat Anda order secara online melalui platform MetaTrader 4 dengan memakai PC, laptop, tablet, atau smartphone dimana saja dan kapan saja. So, tunggu apa lagi, ayo raih penghasilan dari online trading Indonesia.

Kembali ke daftar berita
Monex Investindo Futures
Live Account
  
Demo Account