4 Data Ekonomi Amerika Serikat Penggerak Trading Forex

Trader aktif banyak mengikuti perkembangan ekonomi Amerika Serikat (AS) untuk mengantisipasi pergerakan besar yang terjadi saat data dirilis. Ini karena mata uang negara perekonomian terbesar dunia, yaitu USD, masih diakui sebagai mata uang perdagangan global. Sehingga pergolakan politik dan kebijakan moneter yang terjadi di AS dapat memengaruhi perdagangan mata uang.

Begitu berita mengenai kondisi AS dirilis, nilai mata uang bisa bergerak naik atau turun hingga 50 pip dalam waktu lima menit saja. Itu artinya sepuluh kali lipat dibandingkan pergerakan rata-ratanya. Kenaikan volatilitas inilah yang dimanfaatkan pasar untuk mengambil peluang profit.

Berikut beberapa berita yang berpengaruh besar pada pergerakan harga USD:

 

  1. Non Farm Payrolls (NFP)

Rilisnya laporan NFP menjadi salah satu agenda terpenting yang ditunggu pada trader. NFP merupakan indikator perekonomian di AS sekaligus menjadi faktor terkuat dalam memengaruhi penentuan tingkat suku bunga. Laporan NFP berupa data gaji, jumlah jam kerja, dan berapa jumlah orang yang mencari pekerjaan dan sedang dalam pekerjaan.

Analisis: Jika jumlah pekerja di AS meningkat, maka pasangan EURUSD, GBPUSD, AUDUSD melemah sedangkan USDJPY menguat

Jadwal Rilis: Laporan akan dirilis hari Jumat setiap awal bulan

 

  1. Rapat Federal Open Market Committee (FOMC)

Rapat FOMC adalah rapat kebijakan moneter yang digelar oleh The Fed (Federal Reserve). The Fed adalah lembaga yang berperan sebagai Bank Sentral AS yang berwenang mengubah suku bunga dan berhak mengubah kebijakan moneter AS.

Analisis: Jika hasil rapat FOMC menyebutkan tidak ada kenaikan suku bunga dan tidak ada petunjuk kenaikan suku bunga, maka volatilitas pasar meningkat. Nilai mata uang USD langsung melemah, diiringi penguatan pasangan mata uangnya.

Jadwal Rilis: Rapat dilakukan delapan kali dalam setahun

 

  1. Gross Domestic Product (GDP)

Laporan GDP akan menunjukan kekuatan ekonomi AS beserta pertumbuhannya dari total pendapatan AS. Anda akan mengetahui nilai total produksi AS yang dihasilkan perorangan dan perusahaan baik lokal maupun asing.

Analisis: Jika hasil rilis GDP baik, maka akan muncul ekspektasi peningkatan investasi dan outlook positif pada perekonomian AS sehingga berefek pada penguatan USD. Itu berarti pair EURUSD, GBPUSD, AUDUSD melemah sedangkan USDJPY menguat.

Jadwal Rilis: Setiap bulan

 

  1. Consumer Price Index (CPI)

CPI dapat digunakan untuk mengukur tingkat inflasi yang berpengaruh besaran obligasi dan suku bunga. Isi laporan CPI adalah biaya hidup dan rata-rata tingkat perubahan harga dari konsumen terhadap barang dan jasa tertentu.

Analisis: Jika inflasi meningkat, suku bunga naik, maka berefek pada penguatan USD. Itu berarti pair EURUSD, GBPUSD, AUDUSD melemah sedangkan USDJPY menguat

Jadwal Rilis: Setiap bulan

 

Trader pemula bisa memanfaatkan pengaruh data-data tersebut dalam menganalisis potensi pergerakan harga. Cari tahu kapan waktu rilis data ekonomi penting AS dengan memanfaatkan trading tools Calender Economy yang ditawarkan pialang berjangka Anda untuk Trading pada Momen yang Tepat.

Anda juga bisa mengasah kemampuan analisis fundamental terhadap berita AS dengan mencoba Trading Tanpa Risiko disini.

Baca juga trading tools sebagai Peluang Trading Eksklusif Dari Bank Besar Dunia.