Pentingnya Stop Loss Dalam Trading Plan

Trading Plan - Stop Loss

Trading plan merupakan komponen penting dalam kesuksesan trading. Bertransaksi tanpa trading plan bisa diibaratkan seperti bertualang tanpa peta. Anda mungkin bisa mencapai tujuan, bisa juga tidak, namun dengan waktu yang lebih lama.

Salah satu bagian yang penting dalam trading plan adalah risk management. Tidak ada sistem trading dengan win rate sebesar 100% sehingga tanpa risk management yang handal, para trader akan kesulitan mencapai target kesuksesan mereka. Salah satu aplikasi dari risk management adalah dalam penentuan besar risiko yang berani kita ambil atau stop loss.

Mengenal Stop Loss

Tidak ada yang bisa mengetahui dengan pasti pergerakan pasar di masa mendatang. Arah pergerakan bisa saja berubah drastis karena pengaruh data atau suatu peristiwa besar. Ketidakpastian ini menjadi risiko yang dihadapi trader.

Stop loss merupakan order untuk melikuidasi posisi jika harga sudah mencapai level tertentu. Trader memanfaatkan stop loss untuk membatasi potensi kerugian dari suatu transaksi dan juga untuk menghindari keterlibatan faktor emosi dalam trading.

Lalu bagaimana caranya menerapkan stop loss dalam bertransaksi? Mari kenali salah satu jenis stop loss dalam trading plan.

Stop Loss Statis

Dengan stop loss statis, trader menempatkan order stop loss pada harga tertentu dan tidak mengubah order stop tersebut hingga harga menyentuh limit atau stop yang dipasang. Stop loss statis bersifat sederhana dan trader tidak perlu selalu mengecek posisi tradingnya saat terjadi pergerakan tidak terduga karena posisi stop loss sudah sesuai dengan besaran risiko yang siap diterima.

Penentuan stop loss statis dapat berdasarkan indikator teknikal, contohnya seperti Average True Range. Sebagai penunjang, trader juga bisa menggunakan informasi aktual pada pasar untuk berusaha menganalisis pilihan risk management secara lebih akurat.

Stop loss merupakan salah satu kelengkapan dalam trading plan selain mengenali kondisi pasar. Untuk mengetahui trading plan lebih lengkap, Anda bisa klik link ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*