SUPPORT CENTER     0800-11-66639     Log In
Blog Manfaatkan Rilis Berita NFP untuk Raih Peluang Trading

Manfaatkan Rilis Berita NFP untuk Raih Peluang Trading

Kamis, 5 November 2020 | 3 menit baca

Pernah dengar istilah NFP saat belajar trading forex? NFP atau Nonfarm Payroll adalah salah satu berita fundamental yang paling ditunggu-tunggu trader profesional untuk meraih potensi profit dengan pasangan mata uang major, terutama EURUSD (euro/dolar Amerika) dan GBPUSD (poundsterling/dolar Amerika). Mari kita berkenalan lebih lanjut dengan NFP dan bagaimana cara memanfaatkan momentum rilis beritanya untuk trading.

Apa itu Nonfarm Payroll?

NFP adalah data yang dirilis oleh US Bureau of Labor Statistics setiap bulan pada hari Jumat pertama, pukul 19.30 WIB (Maret-Oktober) atau 20:30 WIB (November-Februari). Data NFP ini berisi pembaruan jumlah tenaga kerja Amerika Serikat di semua sektor, kecuali sektor pertanian, pegawai pemerintah, pegawai organisasi non-profit, dan pegawai rumah tangga.

Data yang dihasilkan mewakili kondisi ketenagakerjaan Amerika Serikat. Semakin tinggi NFP, berarti jumlah pengangguran semakin berkurang. Ini berarti kondisi ekonomi masyarakat semakin stabil, taraf hidup pun meningkat, sehingga memacu pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat. Sebaliknya, NFP yang lebih rendah dari bulan sebelumnya dapat diasumsikan turunnya kondisi perekonomian Amerika Serikat, karena jumlah pengangguran meningkat dan taraf hidup menurun.

Apa peran NFP terhadap pergerakan harga?

Karena peningkatan NFP berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi, maka NFP juga menjadi acuan perubahan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat, yaitu The Fed. Semakin naik NFP, berarti maka suku bunga acuan bisa semakin tinggi juga. Begitu pula sebaliknya.

Dari situlah NFP berpengaruh terhadap pergerakan harga pasangan mata uang major. NFP yang meningkat berpotensi menguatnya USD. Ini berarti harga pasangan-pasangan EURUSD, GBPUSD, AUDUSD, dan NZDUSD akan mengalami downtrend atau bearish dan dapat menjadi sinyal sell, sementara harga pasangan-pasangan USDJPY, USDCHF, dan USDCAD akan mengalami uptrend atau bullish dan dapat menjadi sinyal buy. Sebaliknya, NPF yang menurun berpotensi melemahkan harga USD, sehingga dapat mengindikasikan uptrend pada EURUSD, GBPUSD, AUDUSD, dan NZDUSD serta downtrend pada USDJPY, USDCHF, dan USDCAD.

Strategi trading NFP jangka pendek dengan hedging

Untuk mengantisipasi pergerakan harga yang terjadi begitu data NPF dirilis, Anda dapat menggunakan strategi hedging. Mulailah 30 menit sebelum rilis data NFP. Buka grafik dengan time frame 5 menit (M5), lalu temukan titik High tertinggi dan Low terendah dalam 4 jam terakhir. Gunakan kedua titik ini sebagai patokan membuka dua pending order, yaitu sell 5-10 pips di atas High tertinggi dan buy 5-10 pips di bawah Low terendah.

Pasang Stop Loss dan Take Profit juga sesuai toleransi risiko dan target Anda. Kemudian, tunggu hingga rilis data NFP dan salah satu order Anda terbuka dan jangan lupa segera tutup salah satu order begitu Anda yakin ke arah mana harga bergerak.

Strategi trading NFP ala Cory Mitchell

Cory Mitchell adalah seorang day trader dan swing trader profesional dari Kanada yang sudah trading sejak tahun 2005. Beliau juga sering memanfaatkan momentum rilis data NFP untuk meraih profit, dan sudah membagikan strategi trading selama rilis data NFP yang beliau susun sendiri. Strategi ala Cory Mitchell ini digunakan untuk pasangan mata uang GBPUSD dan EURUSD pada time frame 15 menit (M15).

Anda disarankan untuk tidak membuka order apa pun selama 15 menit pertama setelah rilis data. Tunggu hingga muncul inside bar, yaitu candlestick yang cenderung pendek, dengan level High dan Low di dalam kisaran candlestick sebelumnya yang cenderung panjang. Menurut Mitchell, inside bar ini menunjukkan bahwa pasar sudah mulai stabil setelah rilis data, sehingga pergerakannya lebih dapat diprediksi.

Begitu harga menembus atas level high inside bar, maka Anda dapat membuka order buy. Sebaliknya, begitu harga menembus bawah level low inside bar, maka Anda bisa membuka order sell. Kemudian, pasang Stop Loss maksimal 30 pips dari entry level Anda. Mitchell juga menyarankan untuk close order maksimal 4 jam setelah rilis data NFP, karena menurutnya saat itu pengaruh NFP terhadap pergerakan harga sudah mulai berkurang

Rilis data NFP memang dapat menjadi momen untuk meraih potensi profit yang menarik, tapi sebaiknya Anda menguji strategi di atas dengan Akun Demo terlebih dahulu untuk latihan. Anda juga dapat berlatih bersama MIFX dalam Live Trading NFP setiap bulan. Dapatkan jadwal dan info lebih lanjutnya pada email Anda yang terdaftar di Akun MIFX.

Related Blog

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
MOHON MAAF EVENT INI KHUSUS UNTUK NASABAH MIFX
Jika Anda tertarik untuk mengikuti event ini, silakan deposit Akun Live Anda.
SAYA MENGERTI
Video Hanya Bisa Diakses Menggunakan Akun MIFX
Log in sekarang untuk menikmati akses tanpa batas ke seluruh video MIFX Academy
LOG IN
Belum memiliki akun MIFX? Daftar gratis di sini.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Silakan Isi Form di Bawah untuk Mendapatkan Ebook Gratis
Nama
Email
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI
Mohon menunggu, jangan tutup halaman ini