Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA
Tingkatkan Peluang Trading Tambahan Dari Pasangan Cross Currency

Tingkatkan Peluang Trading Tambahan Dari Pasangan Cross Currency

23/02/2018 10:25

Sejauh ini Anda sudah menikmati profit dari trading pasangan major currency. Bagaimana kalau Anda menambahkan peluang profit dari pasangan cross (currency cross pair)?

Currency Cross Pair
adalah pasangan mata uang yang tidak melibatkan USD di dalamnya. Cross currency cenderung memperlihatkan tren yang lebih kuat bahkan seperti pasangan GBPAUD dan GBPJPY memperlihatkan volatilitas pergerakan harga yang lebih tinggi dibandingkan major currency. Anda bisa manfaatkan peluang tersebut.

Baca: Strategi Trading Pasangan Major Currency Paling Populer


Strategi Trading Pasangan Cross Currency

Ketika pasangan major currency cenderung bergerak sideways karena alasan faktor fundamental atau perilisan data ekonomi yang menguatkan dua mata uang tersebut, Anda masih punya peluang profit dari pasangan crossnya.

Contoh: Major currency EURUSD bergerak sideways karena data ekonomi yang bagus dari dua negara sehingga tidak ada yang lebih kuat. Tapi Anda tetap punya peluang di pasangan crossnya seperti memasang posisi buy EURJPY dengan pertimbangan mata uang JPY memiliki suku bunga yang kecil dibandingkan EUR.


Pasangan Cross Currency Favorit Trader

Trader sangat senang dengan pasangan cross currency yang dipasangkan dengan EUR dan JPY karena keduanya merupakan mata uang paling likuid setelah USD. Pasangan cross currency yang paling banyak ditradingkan antara lain:

- EURJPY     - GBPJPY     - AUDNZD
- EURGBP    - AUDJPY    - GBPCHF
- EURCHF    - CHFJPY
- EURCAD   - NZDJPY
- EURAUD   - GBPAUD


Strategi Carry Trade

Cross currency yang dipasangkan dengan JPY seperti GBPJPY, AUDJPY, dan NZDJPY menjadi favorit para trader untuk melakukan strategi carry trade karena trader mendapatkan peluang profit dari selisih suku bunga. Tingkat suku bunga antar mata uang dari ketiga pasangan cross currency tersebut cukup jauh. Hingga awal tahun 2018, suku bunga New Zealand 1,75%, Australia 1,5%, Inggris 0,5% sedangkan suku bunga Jepang jadi yang terendah yaitu -0,1%.


Pergerakan Currency Cross Pair Dapat Membantu Menentukan Posisi Untuk Pasangan Major Currency

Contoh:

Anda dihadapkan pilihan untuk mengambil posisi dari dua pasang major currency antara EURUSD atau GBPUSD. Caranya Anda lihat saja pasangan crossnya.

Ternyata tren pergerakan EURGBP menunjukan sedang naik. Itu artinya EUR sedang menguat dibandingkan GBP. Artinya Anda bisa memasang posisi buy EURUSD karena Anda mendapatkan konfirmasi dari pasangan EURGBP yang menunjukan EUR lebih kuat dibandingkan GBP.

Jadi, ketika Anda bingung menentukan untuk membuka posisi pada dua major currency, Anda bisa melihat pada pasangan crossnya untuk mengkonfirmasi dan meyakinkan mata uang mana yang lebih kuat.



Anda bisa mengoptimalkan trading Anda dari pasangan cross. Pepatah "trading a pair currency, not a currency" menunjukan bahwa jika ada mata uang yang menguat atau melemah akibat fundamentalnya, Anda tidak terbatas hanya trading pada major currency saja, Anda masih punya peluang dari pasangan cross-nya.  

Untuk mengasah kemampuan trading pada cross currency, Anda patut mencoba akun demo terlebih dahulu dengan Trading Tanpa Risiko secara gratis.

Selanjutnya
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
FORGOT PASSWORD