Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA
Trading Emas Online, Alternatif Investasi di Saat Pelemahan Rupiah

Trading Emas Online, Alternatif Investasi di Saat Pelemahan Rupiah

06/09/2018 17:15

Rupiah bergejolak terhadap dollar sejak pertengahan tahun ini. Bahkan berdasarkan data Bloomberg pada 4 September 2018 pukul 16.00 WIB, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tembus di level Rp 14.935. tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Melemahnya rupiah umumnya membuat orang panik, terutama yang memiliki kekayaan menjadi khawatir kekayaannya akan menyusut. Bayangkan saja, sejak awal tahun hingga September ini rupiah melemah 8,5 persen.

Rupiah mencatat kinerja terburuk kedua dibandingkan dengan mata uang lainnya di kawasan Asia,  hanya di bawah rupee India yang melemah 9,88 persen.  Belum lagi memperhitungkan faktor inflasi sejak awal tahun hingga akhir Agustus yang mencapai 2,13 persen sehingga sejak awal tahun kekayaan Anda berkurang lebih dari 10 persen.

Bagi yang sudah menyimpan dollar dalam jumlah banyak mungkin sudah merasa lega. Namun bagaimana untuk mereka yang belum sempat membeli dollar. Jika membeli dollar sekarang tentu kurang menguntungkan karena sudah tinggi nilainya.

Dalam situasi seperti ini, mungkin Anda bertanya-tanya investasi apa yang cocok untuk mengamankan harta Anda agar nilainya tidak tergerus inflasi dan pelemahan rupiah, syukur-syukur malah memberi imbal hasil yang melebihi pelemahan rupiah.

Apakah investasi saham? Sudah pasti jawabannya adalah Tidak! Pergerakan indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) selalu berkebalikan dengan arah dollar. Saat dollar menguat, indeks menurun, seperti peristiwa di 2012-2013 saat stimulus Federal Reserve berakhir dan terjadi fenomena Super Dollar.

Hal ini disebabkan utang dalam dollar dari perusahaan yang tercatat di BEI menjadi bertambah bebannya baik bunga maupun pokok utangnya. Selain itu bahan baku yang diimpor menjadi lebih mahal di sisi lain untuk menaikkan harga jual produk sulit.

Lantas, investasi apa yang cocok?

Investasi dan Trading Emas Online

Emas merupakan aset safe haven, aset pengaman nilai harta karena sifatnya yang tahan terhadap inflasi. Harga emas di pasar internasional yang dinilai dengan dollar turut menjadi alasan mengapa investasi ini cocok dalam situasi sekarang ini. Karena itu sekarang waktunya yang tepat untuk investasi di emas.

Namun jika hanya investasi di emas saja dan menyimpannya saja maka imbal hasil yang didapat tidak besar karena pergerakan harga dalam jangka panjang hanya memiliki selisih tipis. Hal ini berbeda dengan jika Anda melakukan trading emas online.

Keuntungan trading emas online antara lain:

1. Peluang profit saat harga naik
Seperti umumnya pedagang di usaha apa pun, keuntungan didapat dengan membeli di harga rendah dan menjualnya di harga tinggi. Sebagai contoh Anda membeli emas saat di harga $1250 per troy ons, kemudian menjualnya di harga $1290 per troy ons.

2. Peluang profit saat harga turun
Inilah bedanya trading emas online dengan trading saham atau obligasi. Dalam trading emas online Anda juga masih punya peluang untuk mendapatkan profit saat harga turun. Ketika Anda memprediksikan harga emas akan turun, maka Anda memasang posisi Sell. Misalkan posisi Sell saat harga di 1200 USD per troy ons, kemudian harga turun ke 1191 USD per troy ons dan Anda menutup posisi maka Anda mendapat profit dari selisih 9 poin ini.

3. Peluang profit tiap hari
Menguatnya dollar menyebabkan volatilitas tinggi di pasar keuangan. Volatilitas ini merupakan daya tarik trader karena selisih lebar dari pergerakan harga merupakan peluang profit yang besar. Sejak awal tahun ini banyak peristiwa politik dan ekonomi yang menyebabkan harga emas naik turun tiap hari dengan selisih yang besar menjadikan peluang profit bisa didapat tiap hari.

4. Eksekusi cepat
Eksekusi order trading emas online yang dilakukan di platform MetaTrader 4 berlangsung cepat, tanpa requote, delay atau intervensi. Trading emas online berlangsung 24 jam non stop selama lima hari dalam sepekan.

5. Dana terjamin keamanannya
Dana nasabah terjamin keamanannya karena adanya rekening terpisah (segregated account). Di rekening terpisah inilah lalu lintas peyetoran dan penarikan dana nasabah berlangsung. 

Dengan rekening terpisah, dana nasabah dipisahkan dengan dana perusahaan pialang berjangka sehingga aman. Nasabah bisa nyaman bertransaksi tanpa was-was dananya dipakai pihak lain. Pemerintah juga ikut mengawasi karena rekening terpisah ini diaudit secara berkala oleh regulator, dalam hal ini Lembaga Kliring, Bursa dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

6. Penarikan dana cepat (T+0)
Proses penarikan dana bisa berlangsung cepat, langsung hari itu masuk rekening Anda, dengan syarat perintah penarikan dana dilakukan di bawah jam 12 siang. Hal ini bisa dilakukan di pialang forex seperti PT Monex Investindo Futures.

7. Likuiditas tinggi (bisa langsung dijual)
Trading emas online dilakukan di seluruh dunia dan nilai transaksinya mencapai $125 miliar per hari. Karena itu likuiditasnya sangat tinggi sehingga trader mudah untuk menjual atau membeli karena permintaan dan penawarannya sangt tinggi.

8. Layanan pelanggan 24 jam
Seiring waktu trading yang berlangsung 24 jam non stop selama lima hari dalam sepekan, layanan pelanggan trading emas juga siap menjawab pertanyaan, keluhan dan permintaan dari pelanggan  24 jam sehari selama lima hari dalam sepekan.

Saat harga saham berjatuhan maka tidak ada peluang profit sementara trader butuh cuan untuk kebutuhan hidup. Bagi trader saham, sekaranglah waktu yang tepat untuk menumbuhkan uang Anda di trading emas online.

Anda bisa memperdalam pengetahuan dan mengasah kemampuan trading emas online dengan membuka akun demo secara gratis.
Selanjutnya
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.