Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA
Pemula Dalam Investasi? Pelajari Prinsip Investasi Ini Menurut Warren Buffett

Pemula Dalam Investasi? Pelajari Prinsip Investasi Ini Menurut Warren Buffett

12/10/2018 17:25
Seperti pepatah 'bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian', berinvestasi berarti menyisihkan sebagian uang yang Anda miliki saat ini untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar di masa depan.

Agar investasi Anda efektif dan dapat memberikan hasil yang Anda inginkan, tentunya Anda memerlukan strategi investasi yang tepat. Menariknya, Warren Buffet, investor terkaya dunia versi Forbes, pernah mengatakan bahwa pengalaman merupakan kunci keberhasilan investasi yang paling utama.

Lalu, bagaimana dengan trader pemula yang ingin belajar investasi? Tidak perlu khawatir, sebagai pemula dalam investasi, Anda dapat mempelajari tips-tips investasi dari investor berpengalaman seperti Warren Buffet berikut ini:

Berinvestasilah pada Bisnis yang Anda Pahami
Dalam memilih investasi, Warren Buffet pernah berkata "Jika aku tidak dapat memahami sebuah bisnis dalam waktu 10 menit, aku akan mencari bisnis lain".

Hal tersebut mengajarkan pentingnya pemahaman menyeluruh tentang bisnis yang akan Anda investasikan. Hindari berinvestasi pada bisnis dengan model bisnis yang terlalu rumit dan cenderung spekulatif.

Hal ini juga berlaku dalam trading. Pilihlah instrumen trading yang terpercaya dan mudah dipahami seperti forex atau komoditas seperti emas, oil, atau silver. Dengan memilih instrumen semacam itu, Anda memiliki banyak sumber informasi yang mudah diakses dan terpercaya.

Tingkatkan Skill Manajemen Risiko Anda
Menurut Warren Buffet, risiko datang karena Anda tidak mengetahui apa yang sebenarnya Anda lakukan. Jika diterjemahkan dalam konsep trading, maka semakin baik strategi trading dan manajemen risiko yang Anda lakukan, semakin kecil pula risiko yang mungkin Anda dapatkan.

Dengan demikian, Anda harus terus meningkatkan pengalaman, pengetahuan, serta kepercayaan diri Anda dalam melakukan trading. Sebab, jika Anda telah benar-benar memahami potensi keuntungan dari posisi trading yang Anda tempatkan kemungkinan Anda memenangkan posisi trading tersebut dan meraih profit akan semakin besar.
Hindari Diversifikasi Berlebihan
Diversifikasi investasi merupakan cara mengatur tingkat risiko keuangan dengan menempatkan dana Anda pada lebih dari satu jenis instrumen investasi. Meski demikian, terlalu banyak melakukan diversifikasi ternyata juga akan menyulitkan Anda dalam mengontrol dana Anda.

Warren Buffet mengatakan "diversifikasi (berlebihan) adalah perlindungan terhadap ketidaktahuan. Jika Anda telah mengetahui apa yang Anda lakukan, hal itu menjadi sangat tidak masuk akal,".

Jika diterapkan pada konsep trading, Maka Anda sebaiknya memfokuskan diri untuk mengenali dan benar-benar memahami pasangan mata uang tertentu dibanding trading di berbagai pasangan mata-uang yang belum terlalu Anda pahami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol investasi online dan performa trading Anda.
Selanjutnya
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.