Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA
5 Hal yang Wajib Dijadikan Kebiasaan oleh Trader Newbie

5 Hal yang Wajib Dijadikan Kebiasaan oleh Trader Newbie

26/04/2019 15:48

Jika Anda termasuk trader pemula yang belum berhasil membuat kemajuan atau meraih tujuan trading, kami punya informasi menarik untuk Anda. Ternyata ada lho kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantu para trader pemula untuk dapat meraih tujuan trading mereka. Jika Anda bisa konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, trading Anda akan menjadi lebih terarah dan tanpa emosi.


Mari kita lihat beberapa kebiasaan trading yang cukup mudah (tapi perlu) dan terbukti telah membantu banyak trader meraih tujuan trading mereka.


  1. Menggunakan Stop Loss

Loss atau kerugian merupakan kejadian yang tidak bisa dihindari dari kegiatan trading. Bahkan trader terbaik pun pasti pernah mengalami loss. Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan perilaku pasar, tapi Anda tentu bisa mengendalikan seberapa besar kerugian Anda per perdagangan.


Karena itu gunakanlah Stop Loss untuk membatasi kerugian. Anda dapat mengatur sendiri level Stop Loss Anda: dilonggarkan, diperketat, atau disesuaikan dengan keinginan Anda. Pokoknya pastikan bahwa Anda selalu mengaktifkan fitur Stop Loss di platform trading Anda.


Pada platform trading Monex tersedia fasilitas Stop Loss yang memberi manfaat untuk menghindari kerugian berlebih. Ada pula limit yang bisa digunakan untuk melakukan profit taking secara otomatis pada batasan tertentu. Praktis bukan?



  1. Membuat Persiapan Pra-Perdagangan

Ingat kata pepatah: orang yang ingin menang tidak akan bertanding tanpa rencana permainan. Dalam hal trading pun sama: jangan pernah memulai perdagangan tanpa strategi.


Kalau Anda masih bingung bagaimana caranya membuat persiapan pra-perdagangan, Anda bisa coba mulai dengan melakukan langkah sederhana. Misalnya seperti menandai peristiwa ekonomi penting dalam kalender ekonomi. Dengan mengetahui peristiwa ekonomi yang penting di hari trading tersebut, Anda jadi bisa mengukur potensi risiko dan memprediksi volatilitas pasar.


Persiapan lain yang bisa Anda lakukan adalah menentukan time frame perdagangan. Time frame harian sebaiknya menjadi pilihan utama untuk mengetahui psikologi yang sedang mendominasi pasar.



  1. Membuat Jurnal Trading

Mulailah membuat catatan mengenai apa yang terjadi selama Anda trading. Membuat jurnal adalah tugas penting dalam setiap kinerja atau usaha yang berorientasi pada tujuan. Dari catatan ini akan bisa diketahui penyebab Anda menang atau loss.


Apa sih manfaat jurnal trading ini? Fungsinya adalah sebagai catatan atau cerminan dari seberapa bagus dan buruk karir Anda dalam melakukan trading. Sehingga bisa menjadi pelajaran agar di masa mendatang Anda akan lebih efektif lagi dalam melakukan trading.


Jika rutin melakukan evaluasi, Anda bisa meningkatkan kinerja trading Anda. Mungkin awalnya dari rugi banyak jadi rugi sedikit. Lalu dari rugi sedikit jadi untung sedikit. Kemudian dari untung sedikit, naik jadi untung banyak. Hingga akhirnya dari untung banyak jadi untung lebih banyak dan lebih cepat.


Jadi ingatlah: lakukan transaksi, catat aktivitas trading Anda, dan simpan untuk evaluasi di masa mendatang.



  1. Mengalokasikan Waktu Tertentu Untuk Trading

Waktu trading di pasar global sejatinya berlangsung 24 jam selama lima hari dalam seminggu. Dengan kondisi ini (seharusnya) Anda bebas memilih waktu trading sesuai dengan rutinitas harian Anda.


Tapi faktanya, banyak trader yang merupakan trader paruh waktu. Dan jika Anda termasuk trader paruh waktu, berarti waktu trading Anda pastinya terbatas. Oleh karena itu, coba deh alokasikan waktu khusus untuk trading dan fokuslah untuk trading di waktu yang telah Anda tentukan tersebut.


Anda dapat memanfaatkan waktu perdagangan secara efektif dengan cara menghindari gangguan dan fokus hanya pada kegiatan yang terkait dengan perdagangan.



  1. Menemukan Produk yang Cocok Untuk Anda

Banyak trader pemula yang telah melakukan kegiatan trading selama berbulan-bulan tetapi belum juga menentukan strategi yang cocok untuk mereka. Mungkin itu karena mereka belum menemukan spesialisasinya.


Cobalah temukan pasangan mata uang mana yang cocok untuk Anda trading-kan. Selain itu Anda juga butuh untuk menemukan kerangka waktu dan indikator yang cocok dengan mata uang tersebut. Dengan fokus pada satu produk ini terlebih dahulu, Anda bisa menilai kinerja perdagangan Anda dan bisa melakukan evaluasi sehingga kinerja trading pun bisa meningkat.


Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba metode dan sistem baru. Karena hal tersebut bagus untuk membantu Anda menentukan pasangan mata uang, kerangka waktu, dan indikator yang umumnya cocok untuk Anda. Profit atau loss tidak masalah, yang penting jangan lupa untuk dicatat dalam jurnal trading Anda.


Dengan menuliskannya dalam jurnal trading, secara praktis Anda telah membantu diri Anda sendiri. Karena jurnal trading juga bermanfaat untuk membantu mengingat dan memperbaiki kesalahan atau kekurangan di masa lalu, agar masa depan trading Anda jadi lebih terencana dan menguntungkan.

Selanjutnya
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
FORGOT PASSWORD