Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA

Istilah Trading

 
Kenali istilah-istilah trading umum yang biasa digunakan untuk membantu Anda mempertajam analisis dan mengambil keputusan trading dengan lebih baik
Menu
 
 
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
Y
ABC Money Cons Conf

Mengukur tingkat kepercayaan konsumen yang dilakukan oleh ABC News/Money Magazine Consumer Comfort yang dilakukan atas 1.000 wawancara.

Acceleration Theory

Teori yang menyatakan bahwa perubahan pada tingkat konsumsi akan mengakibatkan perubahan yang lebih besar pada jumlah pembelian dan tingkat produksi. Tindakan ini dilihat sebagai salah satu bentuk pendorong inflasi.

Acceptance

Persetujuan untuk membeli atau menjual sekuritas/kontrak mata uang tertentu pada tanggal tertentu dan dengan harga tertentu dimasa depan.

Account

Semua catatan pembukuan yang menyangkut berbagai transaksi seorang nasabah, termasuk saldo kredit atau debit, floating loss/profit dan nilai buku riil.

Account Balance

Selisih antara debit dan kredit dalam suatu rekening. Bila debitnya lebih besar dari kredit, maka rekening tersebut dikatakan memiliki saldo negatif. Dalam istilah lain disebut defisit. Sedangkan sebaliknya disebut surplus

Account Executive

Seorang karyawan dari perusahaan pialang/dealer suatu perusahaan pialang saham/valas, disingkat AE. AE dapat mengajukan order beli atau jual terhadap sekuritas/mata uang, dan diijinkan mengelola rekening klien. Di negara-negara yang sudah maju, jabatan AE harus memiliki izin/sertifikasi dari badan bursa nasional setempat.

Account Statement

Laporan berkala yang menjelaskan status dari berbagai transaksi beli/jual sekuritas/kontrak mata uang seorang nasabah.

Accounting Rate of Return

Tingkat laba akuntansi. Laba yang dihasilkan selama suatu periode akuntansi dibagi dengan jumlah uang yang diinvestasikan selama periode yang sama.

Active Market

Volume perdagangan yang besar dalam suatu saham, obligasi, atau komoditas tertentu. Penyebaran antara harga yang ditawarkan dan harga yang diminta biasanya lebih sempit dalam pasar yang aktif daripada jika perdagangan sedang sepi. Demikian juga perdagangan volume besar dalam pertukaran secara menyeluruh. Para manajer keuangan mengutamakan pasar seperti itu karena bila perdagangan pada umumnya aktif, blok-blok saham besar yang mereka perdagangkan cenderung kurang berdampak pada pergerakan harga.

Actuals

Komoditas fisik apapun seperti emas, kedelai atau daging babi. Perdagangan ini pada akhirnya selesai dengan penyerahan komoditas kepada pembeli pada akhir kontak. Hal ini berlawanan dengan perdagangan dalam komoditas seperti misalnya opsi indeks, dimana kontrak diselesaikan dengan tunai dan tidak ada komoditas fisik yang diserahkan pada akhir kontrak. Tetapi walaupun berdagang dalam actual, kebanyakan futures dan kontrak opsi diselesaikan sebelum kontrak berakhir, jadi transaksi seperti itu tidak berakhir dengan penyerahan.

Adjustable Rate Mortgage (ARM)

Persetujuan hipotek antara suatu lembaga keuangan dan pembeli real estate yang mempersyaratkan penyesuaian yang sudah ditentukan terlebih dahulu dari suku bunga pada jarak-jarak waktu yang dispesifikasikan. Pembayaran hipotek terikat pada suatu indeks diluar kendali bank atau lembaga tabungan dan pinjaman, seperti suku bunga atas surat dagang U.S Treasury atau suku bunga hipotek nasional rata-rata. Penyesuaian dibuat secara berkala, biasanya setiap satu, dua, atau lima tahun. Sebagai imbalan atas kesediaan mereka menanggung resiko kenaikan suku bunga, para peminjam mendapatkan suku bunga lebih rendah pada awal ARM daripada bila mereka mengambil hipotek dengan suku bunga tetap yang meliputi masa yang sama. Seorang pemilik rumah yang memprihatinkan kenaikan suku bunga yang tajam, barangkali lebih baik mengambil hipotek bersuku bunga tetap, sementara mereka yang berpendqapat bahwa  kenaikan suku bunga akan sedang-sedang saja, mantap atau bahkan turun sebaiknya memilih ARM. Para kritisi dari ARM menuduh bahwa hipotek ini merayu pemilik rumah yang masih muda untuk menyanggupi komitmen yang secara potensial membertakan.

Adjusted Exercise Price

Istilah yang digunakan dalam opsi put dan call atas kontrak Government National Mortgage Association (Ginnie Mae). Untuk memastikan bahwa semua kontrak diperdagangkan dengan wajar, harga pelaksanaan opsi akhir disesuaikan untuk memperhitungkan suku bunga kupon yang dikandung semua hipotek GNMA. Bila misalnya hipotek standar GNMA mengandung hasil 8% maka harga dari kumpulan GNMA dengan hipotek 12% disesuaikan sehingga kedua instrumen memberikan hasil yang sama kepada investor.

Adjustment Bond

Obligasi yang diterbitkan untuk dipertukarkan dengan obligasi yang beredar apabila mengkapitalisasi kembali suatu perusahaan yang menghadapi kebangkrutan. Otorisasi untuk pertukaran berasal dari para pemegang obligasi , yang mempertimbangkan bahwa obligasi penyesuaian adalah yang terbaik diantara dua hal yang tidak baik. Obligasi ini menjanjikan untuk membayar sepanjang itu dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini yang memberikan kepada obligasi penyesuaian, cirri seperti obligasi pendapatan yang diperdagangkan flat – yaitu tanpa bunga yang masih harus dibayar.

ADP (Automatic Data Processing) National Development report

ADP Employer Services bekerjasama dengan Macroeconomics Advisers, LLC, yang berdomisili di Roseland, New Jersey adalah perusahaan induk dari ADP Employers Services dan salah satu perusahaan penyedia jasa payroll yang tergolong besar. ADP adalah perusahaan penyedia jasa swasta yang melakukan survei atas perkiraan para pencari tenaga kerja sektor swasta. Laporan dari organisasi ini dirilis 2 (dua) hari sebelum survei yang dilakukan pemerintah.

Advance-Decline

Pengukuran jumlah saham yang bergerak maju dan jumlah saham yang mundur selama suatu periode tertentu. Ini adalah rasio dari yang satu terhadap yang lain dan menunjukkan arah umum pergerakan pasar. Pasar dianggap bullish (berspekulasi membeli) bila dalam beberapa hari lebih banyak saham yang bergerak maju daripada mundur.Pasar dianggap bearish (berspekulasi menjual) bila yang mundur lebih banyak daripada yang maju. Kelandaian dari garis A-D memperlihatkan secara grafis apakah pasar menuju keadaan bullish atau bearish yang kuat.

Aggregate Exercise Price

Dalam perdagangan opsi saham, jumlah saham dalam suatu kontrak put atau call (biasanya 100) dikalikan dengan harga pelaksanaan. Harga dari opsi, dinamakan premi, adalah suatu angka terpisah dan tidak termasuk dalam harga pelaksanaan agregat. Sebagai contoh, suatu opsi call bulan Juli atas100 XYZ pada 70 akan mempunyai harga pelaksanaan agregat 100 (jumlah saham) kali $70 (harga per saham), atau $7.000, bila dilaksanakan pada atau sebelum tanggal habis berlakunya di bulan Juli. Opsi yang diperdagangkan atas instrumen utang, termasuk pass-throughs dari Government National Mortgage Association, wesel dan obligasi treasury, dan beberapa obligasi pemerintah daerah tertentu, harga pelaksanaan agregatnya ditentukan dengan mengalikan nilai nominal dari surat berharga yang melandasinya dengan harga pelaksanaan. Sebagai contoh, harga pelaksanaan agregat dari opsi put obligasi treasury Desember 90 akan menjadi $90.000 bila dilaksanakan pada atau sebelum tanggal jatuh temponya dibulan Desember. Perhitungannya adalah 90% kali nilai nominal $100.000 dari obligasi yang melandasinya.

Aggregate Supply

Dalam ekonomi makro, jumlah barang dan jasa yang diawarkan ke pasar pada tingkatan harga alternative dalam suatu periode waktu tertentu; juga dinamakan total output (keluaran total). Konsep pusat dalam supply-side economics, yang cocok dengan permintaan agregat, didefinisikan sebagai jumlah barang dan jasa total yang diminta dalam ekonomi pada tingkat pendapatan alternatif dalam suatu periode  tertentu, termasuk barang konsumen dan produksi; permintaan agregat juga dinamakan total spending (pembelanjaan total). Kurva penawaran agregat menjelaskan hubungan antara tingkatan harga dan kuantitas dari keluaran yang bersedia diberikan oleh perusahaan.

American Stock Exchange

Bursa saham dengan volume perdagangan terbesar kedua di Amerika Serikat. Berlokasi di 86 Trinity Place di pust kota Manhattan, sampai tahun 1921 AMEX dikenal sebagai Curb. Saham dan obligasi yang diperdagangkan di AMEX sebagian besar milik perusahaan kecil sampai menengah, berlawanan dengan perusahaan raksasa yang saham dan obligasinya diperdagangkan di New York Stock Exchange. Khususnya sejumlah besar perusahaan minyak dan gas bumi diperdagangkan di AMEX. AMEX juga menyelenggarakan perdagangan opsi di banyak saham New York Stock Exchange dan beberapa saham over the counter (parallel). Lebih banyak saham asing diperdagangkan di AMEX daripada di bursa A.S manapun.

Appreciation

Penguatan sebuah mata uang atau saham, dari akibat respon positif atau demand yang lebih tinggi dari partisipan pasar.

Arbitrage

Pembelian atau penjualan saham/valuta asing/logam mulia/obligasi/atau komoditas lain dari satu pasar ke pasar lainnya yang terpisah tetapi berhubungan. Peluang arbitrase muncul saat dua perusahaan berencana melakukan merger atau ketika suatu kontrak mata uang ditransaksikan di lain jenis pasar, agar didapat keseimbangan nilai atau selisih kurs spot lewat cross rate; Mengambil laba dari perbedaan dalam harga apabila surat berharga, mata uang atau komoditas yang sama diperdagangkan di dua atau lebih pasar. Sebagai contoh, seorang perantara secara simultan (bersamaan) membeli satu kontrak emas di pasar New York dan menjual satu kontrak emas di pasar Chicago, dan dapat mengunci suatu laba saat harga dikedua pasar tersebut berbeda. (Harga jual perantara lebih tinggi dari harga belinya). Indeks arbitrase memanfaatkan perbedaan harga antara stock index futures dan saham yang menjaminnya. Dengan mengambil manfaat dari disparitas seketika dalam harga di berbagai pasar, para perantara membuat fungsi ekonomi pasar-pasar itu berdagang lebih efisien.

 
 
Raih peluang profit Anda bersama broker legal, terbesar, dan terpercaya
 
PT Monex Investindo Futures menawarkan teknologi serta pelayanan berstandar internasional, biaya trading yang kompetitif, fitur transaksi order real-time dengan market execution, kemudahan pencairan dana nasabah, dan trading signal yang dikirim langsung ke smartphone Anda.
 
 
 
 
LEGALITAS
 
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi
Bursa Berjangka Jakarta
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia
Kliring Berjangka Indonesia
Indonesia Clearing House
 
 
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.