SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Fed Powell Berbicara Besok, Ada Potensi Aksi Profit Taking Gold Berlanjut
Macro Overview

Fed Powell Berbicara Besok, Ada Potensi Aksi Profit Taking Gold Berlanjut

Updated Senin, 8 Juli 2024
Bagikan
Updated Senin, 8 Juli 2024
Bagikan

GOLD
Sesuai dengan proyeksi sebelumnya harga Gold (XAUUSD) turun pada awal perdagangan sesi Eropa Senin (8/7/2024) akibat Aksi profit taking. Gold menyentuh level terendah harian US$ 2.368,30 per troy ons, turun hampir US$ 23 dibandingkan penutupan perdagangan Jumat.

Gold pada Jumat pekan lalu mencapai level tertinggi 6 pekan pasca rilis data yang menunjukkan kenaikan tingkat pengangguran di Amerika Serikat. Pelaku pasar kini menanti testimoni Gubernur The Fed Jerome Powell Selasa besok untuk melihat seberapa besar peluang suku bunga dipangkas pada September.

Melihat hal tersebut ada peluang aksi profit taking akan berlanjut pada perdagangan malam ini.

OIL 
Harga Oil (CLS10) turun pada awal perdagangan Senin, menyentuh level terendah harian US$ 82,15 per barel. Dibandingkan penutupan perdagangan Jumat Oil turun US$ 1,18.

Penurunan terjadi kemungkinan akibat aksi profit taking sebab sentimen bagi Oil masih bagus, apalagi sebelumnya Oil menyentuh level tertinggi sejak 19 April.

Permintaan bensin di Amerika Serikat yang diprediksi meningkat pada kuartal III saat musim panas. Selain itu, pelabuhan terbesar di Texas untuk sementara ditutup akibat adanya badai Beryl. Pasar masih melihat seberapa besar dampak penutupan tersebut terhadap pasokan. Sehingga ada potensi rebound Oil.

EURUSD 
EURUSD rebound pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 1,08430 setelah pagi tadi anjlok ke 1,08017.

Meski demikian EURUSD terlihat rentan kembali tertekan melihat hasil Pemilu Prancis. Partai Nasional yang memenangi Pemilu putaran pertama secara mengejutkan kalah pada putaran kedua dan menempati urutan ketiga perolehan kursi parlemen. Tidak ada partai yang mampu memperoleh kursi mayoritas sehingga terjadi hung parliament. Hal tersebut memberikan ketidakpastian yang tinggi sehingga bisa menjadi sentimen negatif bagi EURUSD.

GBPUSD 
Sama dengan EURUSD, pasangan mata uang ini berbalik naik tipis ke 1,28210 pada awal perdagangan sesi Eropa setelah pagi tadi turun ke 1,27917.

GBPUSD sedang mendapat sentimen positif dari kemenangan Partai Buruh di Inggris yang memberikan euforia di pasar finansial. Partai Buruh dianggap lebih bisa mengatasi masalah Inggris ketimbang Partai Konservatif yang sudah berkuasa selama 14 tahun.

Euforia tersebut masih akan menjadi sentimen positif bagi GBPUSD pada perdagangan malam ini.

USDJPY 
USDJPY rebound pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 161,118 setelah pagi tadi turun 160.257. Pergerakan tersebut mengindikasikan yen yang masih lemah, padahal pelaku pasar semakin yakin The Fed akan memangkas suku bunga pada September.

Pelaku pasar saat ini menanti testimoni ketua The Fed, Jerome Powell besok untuk melihat seberapa besar peluang The Fed akan memangkas suku bunga pada September.

Sebelum testimoni tersebut, USDJPY berpotensi bergerak sideways dengan kecenderungan naik.

Nasdaq
Probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed pada September yang mencapai 80% membuat Nasdaq naik ke 20.621 pada awal perdagangan sesi Eropa. Nasdaq mendekati lagi rekor tertinggi sepanjang masa 20.638 yang dicapai pada Jumat pekan lalu.

Peningkatan probabilitas tersebut menjadi sentimen baru yang masih berpotensi menopang Nasdaq pada perdagangan malam ini.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga