SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Fed Powell Berbicara di Hadapan Kongres AS, Emas Bakal Naik Tajam?
Macro Overview

Fed Powell Berbicara di Hadapan Kongres AS, Emas Bakal Naik Tajam?

Updated Selasa, 9 Juli 2024
Bagikan
Updated Selasa, 9 Juli 2024
Bagikan

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) memangkas kenaikan pada awal perdagangan sesi Eropa Selasa (9/7/2024) setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi harian US$ 2.386,74 per troy ons.

Gold masih kesulitan menguat setelah turun tajam awal pekan kemarin. Selain aksi profit taking, penurunan Gold terjadi akibat bank sentral China yang sudah 2 bulan beruntun tidak membeli emas sebagai cadangan devisa.

Namun, Gold bisa kembali mendapat sentimen positif pada perdagangan malam ini jika Gubernur The Fed, Jerome Powell dalam testimoninya dihadapan Kongres Amerika Serikat menunjukkan keyakinan akan memangkas suku bunga.

Data terbaru menunjukkan tingkat pengangguran mengalami kenaikan dan inflasi menurun sehingga pelaku pasar optimistis The Fed akan memangkas suku bunga pada September. Jika Powell menambah keyakinan tersebut, Gold bisa kembali mendapat dorongan. Powell akan memberikan testimoni mulai pukul 21:00 WIB



OIL
Harga Oil (CLS10) turun pada perdagangan sesi Eropa, menyentuh level terendah harian US$ 81,73 per barel. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, Oil turun US$ 0,52.

Penurunan tersebut terjadi setelah meredanya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, khususnya terkait rencana gencatan senjata di Gaza.

Selain itu badai Beryl yang melanda Texas juga sudah mulai mereda sehingga risiko gangguan pasokan semakin kecil.

Tekanan bagi Oil bisa mereda bahkan berpotensi mendapat sentimen positif jika Powell menunjukkan keyakinan suku bunga akan dipangkas. Hal tersebut berpotensi membuat perekonomian Amerika Serikat berputar lebih kencang dan permintaan Oil meningkat.



EURUSD 
EURUSD bergerak sideways dalam rentang 1,08152 - 1,08334 hingga awal perdagangan sesi Eropa. Perhatian utama tertuju pada testimoni Fed Powell. Apalagi, akan ada tanya jawab antara anggota Kongres dengan Powell, sehingga kemungkinan ada sinyal arah suku bunga cukup besar.

Seperti disebutkan sebelumnya jika Powell yakin akan memangkas suku bunga dolar AS berpotensi tertekan dan memberikan peluang bagi EURUSD untuk naik.



GBPUSD 
Pergerakan pasangan mata uang ini sama dengan EURUSD, bergerak dalam rentang 1,27957 - 1,28162 hingga awal perdagangan sesi Eropa.

Trader GBPUSD juga menanti testimoni Fed Powell sebab bisa berdampak signfikan ke pasar. Sentimen positif akan datang bagi GBPUSD jika Powell menunjukkan sikap yakin akan memangkas suku bunga.



USDJPY 
USDJPY naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 161,128 pada awal perdagangan sesi Eropa. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, USDJPY naik 296 poin (29,6 pip).

Hal ini menunjukkan yen yang masih sangat lemah sebab pelaku pasar menanti bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) yang akan mengumumkan tapering (pengurangan program pembelian obligasi) bulan ini.

Namun, jika Powell malam ini membuat pelaku pasar semakin yakin suku bunga akan dipangkas pada September, USDJPY berpotensi tertekan.



Nasdaq
Nasdaq masih bertahan di dekat rekor tertinggi sepanjang masa 20.748 pada awal perdagangan sesi Eropa. Nasdaq sedang mendapat sentimen positif sebab pelaku pasar melihat probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed pada September kini mencapai 80%.

Artinya, jika Powell malam ini menunjukkan keyakinan suku bunga akan dipangkas, Nasdaq berpotensi kembali memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa. Namun, jika Powell masih belum yakin, ada potensi pergerakan pasar akan berbalik.


Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga