SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Gold Naik Jelang Rilis Data NFP, Nasdaq Dekati Rekor Tertinggi
Macro Overview

Gold Naik Jelang Rilis Data NFP, Nasdaq Dekati Rekor Tertinggi

Updated Jumat, 5 Juli 2024
Bagikan
Updated Jumat, 5 Juli 2024
Bagikan

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) bergerak dalam rentang sempit dan berakhir stagnan di US$ 2.356,87 per troy ons pada perdagangan Kamis. Pasar Amerika Serikat yang libur merayakan Hari Kemerdekaan membuat Gold bergerak dalam rentang sempit.

Namun, meningkatnya probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed pada September masih memberikan sentimen positif bagi Gold. Apalagi malam nanti ada rilis data non-farm payrolls (NFP) yang diprediksi akan menunjukkan pelemahan pasar tenaga kerja.

Hal tersebut bisa memberikan dorongan bagi Gold pada perdagangan sesi Eropa Jumat (5/7/2024).



OIL 
Harga Oil (CLS10) naik US$ 0,46 atau 4,6 pip ke US$ 84,05 per barel pada perdagangan Kamis. Penurunan stok crude oil yang lebih besar dari prakiraan di Amerika Serikat masih menjaga kinerja Oil.

Apalagi permintaan bensin di Amerika Serikat pada musim panas ini diprediksi akan tinggi, yang juga terlihat dari penurunan stok bensin yang cukup signifikan. Hal ini masih akan mendongkrak kinerja Oil pada perdagangan sesi Eropa.



EURUSD 
EURUSD naik 251 poin (25,1 pip) ke 1,08108 pada perdagangan Kamis kemarin. Dolar AS yang tertekan pasca rilis data penyerapan tenaga kerja versi ADP dan klaim tunjangan pengangguran terus mendongkrak kinerja EURUSD.

Apalagi ISM melaporkan sektor jasa Amerika Serikat mengalami kontraksi pada Juni. Hal ini membuat ada potensi data NFP Amerika Serikat malam ini dirilis lebih rendah dari bulan sebelumnya yang masih akan menjaga kinerja EURUSD pada perdagangan sesi Eropa.



GBPUSD 
GBPUSD mampu mencatat kenaikan 6 hari beruntun setelah menutup perdagangan Kamis di 1,27568. Sentimen positif datang setelah Partai Buruh menang telak pada Pemilu Inggris, melengserkan Partai Konservatif yang sudah berkuasa 14 tahun.

Hingga siang ini Partai Buruh sudah memperoleh 392 kursi, yang artinya sudah lebih dari 326 kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas.

Kemenangan telak Partai Buruh tersebut masih akan mendongkrak kinerja GBPUSD pada perdagangan sesi Eropa, sebelum perhatian tertuju ke data NFP.



USDJPY 
USDJPY turun 456 poin (45,6 pip) ke 161,238 pada perdagangan Kamis dan berlanjut lagi hingga siang ini, menyentuh level terendah harian 160,525.

Penurunan hari ini terbilang cukup tajam dan terjadi saat USDJPY berada di level tertinggi dalam 38 tahun terakhir. Selain dolar AS yang sedang tertekan, bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) diprediksi akan melakukan tapering (pengurangan pembelian obligasi) dengan cukup besar.

Hal tersebut berpotensi menekan USDJPY lebih dalam pada perdagangan sesi Eropa. Apalagi ada peluang NFP Amerika Serikat akan lemah.



Nasdaq
Nasdaq turun tipis 20.381 pada perdagangan Kamis kemarin, dengan rentang pergerakan juga tidak terlalu besar sebab pasar Amerika Serikat libur dan baru buka lagi pada hari ini.

Hingga siang ini Nasdaq sudah mulai menanjak lagi, menyentuh level tertinggi harian 20.426. Nasdaq mendekati lagi rekor tertinggi sepanjang masa 20.434 yang dicapai Rabu lalu.

Probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed pada September yang mencapai 75% menjadi pemicu kenaikan Nasdaq. Probabilitas tersebut berpotensi semakin besar jika data NFP menunjukkan pelemahan pasar tenaga kerja.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga