SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Macro Overview AS - Indeks Dolar AS Menurun Lagi, Gold Siap Naik Malam Ini?

Macro Overview AS - Indeks Dolar AS Menurun Lagi, Gold Siap Naik Malam Ini?

Updated Rabu, 7 Februari 2024

GOLD
Hingga awal perdagangan sesi Eropa Rabu (7/2/2024) harga Gold (XAUUSD) bergerak dalam rentang US$ 2.031 - US$ 2.038 per troy ons. Sempitnya pergerakan Gold menjadi indikasi kurangnya momentum, pelaku pasar menanti rilis data ekonomi lebih lanjut dari Amerika Serikat (AS).

Namun, malam ini tidak ada data ekonomi penting yang dirilis dari Amerika Serikat, sehingga ada potensi Gold akan mendapat sentimen positif. Sebab, indeks dolar AS hingga sore ini melanjutkan penurunan sebesar 66 poin ke 103,719 setelah merosot 310 poin Selasa kemarin.

Jika malam ini indeks dolar AS terus menurun, maka Gold bisa mendapat tambahan sentimen positif.

OIL 
Harga Oil (CLS10) naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian US$ 74,01 per barel. Dibandingkan penutupan perdagangan Selasa, Oil naik US$ 0,53. Oil mendapat sentimen positif setelagh Energy Information Administration (EIA) memprediksi tingkat produksi Amerika Serikat akan stagnan.

Pada Desember lalu, produksi di AS mencatat rekor tertinggi 13,3 juta barel per hari, kemudian menurun pada Januari. EIA memprediksi tingkat produksi akan kembali naik mendekati rekor tersebut pada bulan ini, tetapi setelahnya menurun hingga pertengahan tahun.

Pada perdagangan malam ini, rilis data stok Oil dari Amerika Serikat pada pukul 22:30 WIB bisa mempengaruhi pergerakan. Forecast di Trading Central menunjukkan stok pada pekan yang berakhir 2 Februari naik sebanyak 1,9 juta barel, lebih banyak dari pekan sebelumnya 1,2 juta barel.

Jika data tersebut dirilis lebih besar dari forecast, Oil berpotensi mendapat sentimen negatif.

EURUSD 
EURUSD naik ke 1,07733 pada awal perdagangan sesi Eropa, dibandingkan penutupan perdagangan Selasa naik 189 poin (hampir 19 pip). EURUSD masih mampu naik meski data yang dirilis dari Jerman menunjukkan produksi industri pada Desember anjlok 1,6%, lebih besar dari bulan sebelumnya -0,7% dan forecast di Trading Central -0,3%.

Kenaikan pasca rilis data tersebut menunjukkan sentimen EURUSD masih cukup positif setelah kemarin pejabat bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) Boris Vujcic kemarin menyebut ECB tidak perlu buru-buru menurunkan suku bunga, dan perlu memastikan inflasi benar-benar terkendali.

Pelaku pasar melihat kemungkinan ECB akan menahan suku bunga lebih lama, yang masih akan menjadi sentimen positif bagi EURUSD pada perdagangan malam ini.

GBPUSD 
Sama dengan EURUSD, pasangan mata uang ini juga naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 1,26372. Dibandingkan penutupan perdagangan Selasa GBPUSD naik 399 poin (hampir 40 pip).

Data indeks harga rumah Inggris yang menunjukkan kenaikan 2,5% year-on-year (YoY) pada Januari, lebih tinggi dari bulan sebelumnya 1,8% dan forecast di Trading Central 1,9% memberikan sentimen positif ke GBPUSD.

Tanpa rilis data ekonomi penting dari AS malam ini, sentimen GBPUSD masih akan positif.

USDJPY 
USDJPY naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 148,093 setelah pagi tadi sempat turun ke 147,708. Pergerakan volatil ini sesuai dengan proyeksi Macro overview sebelumnya, disebabkan oleh meredupnya ekspektasi pemangkasan suku bunga bank sentral AS (The Fed) pada Maret. Di sisi lain pelaku pasar juga menanti petunjuk lebih lanjut kapan bank sentral Jepang akan menaikkan suku bunga.

Melihat pergerakan EURUSD dan GBPUSD, ada potensi dolar AS akan mendapat tekanan pada perdagangan malam ini yang bisa menjadi sentimen negatif bagi USDJPY.

Nasdaq
Nasdaq bergerak dalam rentang 17.629 - 17.710 hingga awal perdagangan sesi Eropa. Posisi Nasdaq saat ini berada dekat rekor tertinggi sepanjang masa 17.792 yang dicapai pada 24 Januari lalu.

Artinya, untuk naik lebih lanjut perlu momentum yang cukup kuat. Melihat kondisi saat ini, momentum tersebut masih belum ada, laporan laba/rugi dari Paypal hari ini kemungkinan masih belum akan menggerakkan secara signifikan. Kemudian probabilitas pemangkasan suku bunga bank sentral AS (The Fed) kian meredup, sehingga ada potensi terjadi aksi profit taking.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga