SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Muncul Isu Intervensi USDJPY; Gold Berpotensi Tertekan
Macro Overview

Muncul Isu Intervensi USDJPY; Gold Berpotensi Tertekan

Updated Senin, 25 Maret 2024

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) memangkas kenaikan pada awal perdagangan sesi Eropa Senin (25/3/2024) setelah menyentuh level tertinggi harian US$ 2.163,54 per troy ons pagi tadi. Sentiment Analysis menunjukkan nilai 42 bagi Gold yang berarti netral, dengan Confidence Index masih rendah.



Sentiment Analysis menggunakan angka skala 0 - 100, semakin dekat dengan nol sentimen semakin negatif, sebaliknya semakin dekat dengan 100 artinya semakin positif. Sementara Confidence Index dibedakan menjadi tiga, yakni rendah, rata-rata dan tinggi. Confidence Index bisa menggambarkan seberapa valid Sentiment Analysis.

Pada perdagangan malam ini rilis data penjualan rumah baru dari Amerika Serikat pada pukul 21:00 WIB bisa menentukan arah Gold. Forecast di Trading Central menunjukkan penjualan rumah baru pada Februari tumbuh 3% month-on-month (MoM), lebih tinggi dari bulan sebelumnya 1,5% MoM.

Jika data tersebut dirilis lebih tinggi dari forecast, Gold bisa mendapat sentimen negatif.

OIL 
Oil (CLS10) naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian US$ 81,40 per troy ons. Dibandingkan penutupan perdagangan Jumat, Oil naik US$ 0,62. Oil sebelumnya mengalami tekanan akibat kemungkinan terjadinya gencatan senjata Israel dengan Hamas.

Tetapi eskalasi tensi Rusia dengan Ukraina kini kembali membuat Oil naik. Rusia dan Ukraina saling serang infrastruktur energi yang sehingga ada risiko terganggungan supply.

Sentimen tersebut masih akan mempengaruhi Oil pada perdagangan sesi AS malam ini.

EURUSD 
EURUSD bergerak sideways pada perdagangan sesi Eropa setelah sempat naik ke 1,08237. Perekonomian Amerika Serikat yang diprediksi lebih baik ketimbang zona euro membuat EURUSD kesulitan menguat.

Pada perdagangan malam ini, EURUSD berpotensi mendapat sentimen negatif jika data penjualan rumah baru AS dirilis lebih tinggi dari forecast.

GBPUSD 
GBPUSD naik pada awal sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 1,26226. Dibandingkan penutupan perdagangan Jumat, GBPUSD naik 234 poin (23,4 pip). Kenaikan tersebut kemungkinan terjadi akibat short covering atau trader yang mengambil posisi sell menutup posisi mereka untuk mencairkan profit.

Hal tersebut bisa terjadi sebab pada pekan lalu GBPUSD anjlok hingga 1.346 poin (134,6 pip). Ketika short covering dilakukan, maka GBPUSD akan naik. Pada perdagangan malam ini, GBPUSD bisa mendapat sentimen negatif lagi jika data penjualan rumah baru AS dirilis lebih tinggi dari 3% MoM.

USDJPY 
USDJPY rebound pada awal perdagangan sesi Eropa setelah pagi tadi turun ke 151,048. Penurunan tersebut terjadi akibat isu intervensi oleh pemerintah Jepang sebab yen mendekati level terlemah 22 tahun (USDJPY tertinggi hampir 22 tahun).

Masato Kanda, Wakil Menteri Keuangan Jepang, mengatakan pelemahan yen belakangan ini tidak sesuai dengan fundamental dan terjadi karena spekulasi. Kanda mengatakan pemerintah Jepang siap melakukan intervensi jika yen terus melemah.


 

Hal tersebut memberikan tekanan bagi USDJPY. Sentiment Analysis juga menunjukkan nilai 17 bagi USDJPY yang berarti sangat negatif, dengan Confidence Index yang rendah.

Nasdaq 
Nasdaq turun pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level terendah harian 18.496. Penurunan tersebut kemungkinan terjadi akibat aksi profit taking setelah Nasdaq mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada pekan lalu.

Pada perdagangan malam ini, Nasdaq bisa kembali mendapat sentimen positif jika data penjualan rumah AS dirilis lebih tinggi dari forecast.


Note: Sentiment Analysis merupakan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang menganalisis puluhan ribu data dari berita, blog, hingga sosial media untuk mengetahui sentimen pasar yang menyelimuti pergerakan sebuah produk keuangan. Sentiment Analysis disediakan oleh Trading Central dan bisa dilihat pada MIFX App.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga