SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita USDJPY "Kebal" Isu Intervensi, Gold Masih Dinaungi Sentimen Positif
Macro Overview

USDJPY "Kebal" Isu Intervensi, Gold Masih Dinaungi Sentimen Positif

Updated Selasa, 7 Mei 2024

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) naik US$ 22,26 ke US$ 2.323,69 per troy ons pada perdagangan Senin kemarin. Gold mendapat sentimen positif dari memanasnya konflik Israel dengan Hamas.

Selain itu, pasca rilis data tenaga kerja Amerika Serikat, termasuk non-farm payrolls (NFP), yang menunjukkan pelemahan, harapan The Fed akan memangkas suku bunga pada akhir tahun nanti kembali menguat dan memberikan sentimen positif ke Gold. Data dari perangkat FedWatch menunjukkan pelaku pasar melihat probabilitas pemangkasan suku bunga pada September sebesar 64%.

Sentimen tersebut masih akan mempengaruhi Gold pada perdagangan sesi Eropa Selasa (7/5/2024).

OIL 
Harga Oil (CLS10) naik US$ 0,69 pada perdagangan Senin ke US$ 78,66 per barel. Oil mendapat dorongan dari memanasnya konflik Israel - Hamas, jika semakin intensif dikhawatirkan akan mengganggu supply. Selain itu, Arab Saudi juga menaikkan harga jual minyak mentahnya.

Namun, potensi penurunan permintaan dari Amerika Serikat membuat kenaikan harga Oil terbatas. Pada perdagangan sesi Eropa, Oil kemungkinan masih akan sideways.

EURUSD 
EURUSD naik empat hari beruntun setelah menutup perdagangan Senin di 1,07701. Meski demikian, jika dibandingkan penutupan perdagangan Jumat EURUSD hanya naik 74 poin (7,4 pip) saja.

Data inflasi produsen (producer price index/PPI) zona euro yang turun tajam pada April membuat kenaikan EURUSD terpangkas awal pekan kemarin. Pada perdagangan sesi Eropa hari ini, rilis data pesanan pabrik Jerman pada pukul 13:00 WIB dan penjualan ritel zona euro pukul 16:00 WIB bisa menjadi penggerak EURUSD.

Forecast di Trading Central menunjukkan pesanan pabrik Jerman pada Maret tumbuh 0,3% month-on-month (MoM), lebih tinggi dari bulan sebelumnya 0,2% MoM. Kemudian penjualan ritel zona euro diprediksi tumbuh 0,4% MoM, dibandingkan Februari -0,5% MoM.

Data tersebut bisa memberikan sentimen positif ke EURUSD jika dirilis lebih tinggi dari forecast.

GBPUSD 
Sama dengan EURUSD, pasangan mata uang ini naik tipis 160 poin (16 pip) ke 1,25619 pada perdagangan Senin kemarin. Kenaikan GBPUSD masih ditopang ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed pada September.

Namun, tanpa data ekonomi penting dari Inggris kemarin dan hari ini, pergerakan GBPUSD masih terbatas. Pada perdagangan sesi Eropa, pergerakannya berpotensi mengikuti EURUSD.

USDJPY 
USDJPY naik 862 poin (86,2 pip) ke 153,885 pada perdagangan Senin kemarin setelah anjlok tajam sepanjang pekan lalu. USDJPY pagi ini kembali naik 76,2 pip ke 154,647. Pergerakan ini mengindikasikan lemahnya nilai tukar yen akibat bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) diprediksi tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu yang lama.

Penurunan tajam pada pekan lalu terjadi akibat isu intervensi, meski otoritas Jepang enggan berkomentar atas hal tersebut. Kenaikan tajam USDJPY sejak awal pekan kemarin membuatnya terlihat "kebal" oleh isu intervensi. Pelaku pasar melihat intervensi kemungkinan baru akan dilakukan jika USDJPY kembali menembus level 160,000. Artinya, dorongan USDJPY kemungkinan masih cukup kuat.

Nasdaq
Ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed pada September memberikan sentimen positif ke bursa saham Amerika Serikat. Indeks Nasdaq naik 3 hari beruntun setelah mengakhiri perdagangan Senin di 18.185, atau naik 162 indeks poin.

Total dalam 3 hari perdagangan Nasdaq sudah melesat 711 indeks poin, dan mencapai level tertinggi dalam tiga pekan terakhir. Melihat kenaikan tajam dan posisinya saat ini, ada potensi Nasdaq diterpa aksi profit taking pada perdagangan sesi Eropa.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga