SUPPORT CENTER     0800-11-66639     Log in
Berita Market Highlights : EURUSD Berpeluang Bergerak Turun Karena Outlook Penguatan Dollar AS dan Kekhawatiran Covid-19 di Eropa

Market Highlights : EURUSD Berpeluang Bergerak Turun Karena Outlook Penguatan Dollar AS dan Kekhawatiran Covid-19 di Eropa

Jumat, 26 November 2021

EURUSD berpeluang dalam tekanan turun pada hari Jumat (26/11) di tengah outlook penguatan dollar AS serta kekhawatiran terhadap penyebaran virus Covid-19 di Eropa. Selain itu EURUSD juga dapatkan tekanan dari dovishnya pernyataan pejabat European Central Bank (ECB). 

Dollar AS berpeluang menguat karena ditopang oleh sikap yang hawkish dari sebagian besar pembuat kebijakan Federal Reserve AS, yang didukung oleh data AS yang solid.

Dalam hasil notula rapat pertemuan terakhir mereka yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan The Fed mengatakan bahwa mereka akan terbuka untuk mempercepat pemangkasan program pembelian obligasi jika inflasi bertahan di level tinggi dan bergerak lebih cepat untuk menaikan suku bunga. 

Pernyataan tersebut diperkuat dengan pembacaan data tenaga kerja dan belanja konsumen yang melampaui estimasi ekonomi, sementara inflasi terus bergerak tinggi. 

Presiden ECB Christine Lagarde dalam konfrensi persnya semalam mengatakan bahwa para pejabat telah membahas inflasi, inflasi, dan inflasi namun setelah dipikirkan lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa kekuatan inflasi akan terbukti hanya sementara. 

Sementara itu dari perkembangan penyebaran virus Covid-19 di Eropa belum menunjukkan adanya perbaikan. Dari Jerman, data pemerintah pada hari Kamis menunjukkan bahwa Jerman telah menjadi negara terbaru yang melampaui jumlah kematian sebanyak 100.000 karena Covid-19 sejak dimulainya pandemi. Badan pengendalian penyakit Jerman mengatakan bahwa pihaknya mencatat 351 kematian tambahan karena virus Covid-19 selama 24 jam terakhir, dengan menjadikan total korban menjadi 100.119.

Di Eropa, Jerman menjadi negara kelima yang melampaui angka tersebut, setelah Rusia, Inggris Raya, Italia dan Perancis.

Selanjutnya pada hari ini pasar akan mencari katalis dari sejumlah data ekonomi dari Jerman dan zona Euro serta pidato Presiden ECB Christine Lagarde. Jika data dan pidato hasilnya pesimis berpotensi memicu penurunan EURUSD lebih lanjut. Namun jika data data pidato nya optimis berpeluang menopang kenaikan EURUSD. 

Berikut adalah data dan event ekonomi yang dapat menjadi katalis EURUSD pada hari ini : 

(Faisyal)

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD