SUPPORT CENTER     021-50928899     Log in
Berita Market Highlights: GBPUSD Berpeluang Turun di Tengah Outlook Menguatnya Dollar AS. Pasar Waspadai Keputusan Moneter BOE

Market Highlights: GBPUSD Berpeluang Turun di Tengah Outlook Menguatnya Dollar AS. Pasar Waspadai Keputusan Moneter BOE

Kamis, 4 Agustus 2022

GBPUSD berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek di tengah outlook menguatnya dollar AS. Dengan pasar terlihat mungkin akan terlihat waspada menjelang keputusan moneter dari Bank of England (BOE) di sore hari nanti.

Dollar AS berpotensi lanjutkan tren penguatanya akhir-akhir ini di tengah optimisnya data ekonomi AS serta pesan yang hawkish dari pejabat Federal Reserve AS. Semalam, data Index Sevices PMI AS yang dilaporkan oleh Institute for Supply Management (ISM) untuk periode Juli menunjukkan naik ke level 56.7 dari periode sebelumnya di 55.3 dan ekspektasi pasar untuk di level 53.5. Sementara itu untuk jumlah pesanan pabrik AS di periode Juni juga tumbuh 2,0%, ini lebih tinggi dari periode sebelumnya yang direvisi naik menjadi tumbuh 1,8% dan perkiraan pasar untuk pertumbuhan 1,3%.

Sentimen lain yang dapat mendukung penguatan dollar AS adalah pernyataan yang dipandang cenderung hawkish dari trio pejabat Federal Reserve AS. Presiden Fed St. Louis James Bullard mengatakan bahwa masih ada jalan untuk mencapai kebijakan moneter yang lebih ketat. Dia mengatakan bahwa masih ingin suku bunga mencapai 3,75% hingga 4% pada tahun ini.

Selain Bullard, Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari dan Presiden Fed Richmond Thomas Barkins juga bergabung dengan pesan yang cenderung hawkish.

Namun, penurunan GBPUSD dapat terbatas seiring pasar terlihat akan menantikan perilisan kebijakan moneter terbaru dari BOE pada pukul 18:00 WIB yang sejauh ini pasar perkirakan mereka akan menaikan suku bunga sebesar 50 bps dan konfrensi pers oleh ketua BOE Andew Bailey pada pukul 18:30 WIB.

Dengan mempertimbangkan ekspektasi pasar bahwa BOE akan menaikan suku bunga sebesar 50 bps dan akan mendorong suku bunga menjadi 1,75%. Maka yang perlu diperhatikan adalah tekanan inflasi Inggris telah naik menjadi 9,4%. Selain itu tanda-tanda menurunnya inflasi Inggris juga belum terlihat, yang mana ini menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga sebesar 50 bps tidak akan cukup mengimbangi tekanan inflasi yang semakin meningkat.

Sebelum fokus tertuju ke keputusan BOE pasar akan mencari katalis dari data Construction PMI Inggris pada pukul 15:30 WIB.

(Faisyal)

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga