SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Was-Was Konflik Israel-Hamas Memanas, Harga Gold Bakal Naik Tinggi?
Macro Overview

Was-Was Konflik Israel-Hamas Memanas, Harga Gold Bakal Naik Tinggi?

Updated Senin, 6 Mei 2024

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) naik ke US$ 2.324,21 per troy ons pada awal perdagangan sesi Eropa Senin (6/5/2024). Dibandingkan penutupan perdagangan Jumat, Gold naik US$ 22,78.

Konflik Israel dan Hamas yang kembali memanas membuat harga Gold kembali melejit. Pagi tadi Gold sempat turun ke US$ 2.291 per troy ons.

Gold rebound setelah Israel menyerang kota Rafah sebagai balasan atas serangan roket yang dilakukan Hamas. Serangan tersebut kembali meredupkan peluang terjadinya gencatan senjata kedua belah pihak.

Harga Gold semakin melejit setelah tentara Israel memerintahkan evakuasi sekitar 100.000 orang dari selatan kota Rafah. Hal ini membuat pelaku pasar khawatir akan serangan yang lebih intensif dari Israel. Daya tarik Gold sebagai aset safe haven pun kembali meningkat.

Sentimen tersebut masih akan mempengaruhi Gold pada perdagangan sesi Amerika Serikat (AS) malam ini.

OIL 
Eskalasi konflik Israel dengan Hamas juga membuat harga Oil (CLS10) naik ke US$ 79,05 per barel. Dibadingkan penutupan perdagangan Jumat, Oil naik US$ 1,11.

Konflik yang memanas membuat pelaku pasar kembali melihat adanya risiko gangguan supply yang sehingga harga Oil kembali menanjak, bangkit dari level terendah tujuh pekan. Selain itu, Arab Saudi juga dilaporkan menaikkan harga jual minyak mentahnya juga memberikan dorongan ke Oil.

Kedua faktor tersebut masih akan berpengaruh ke Oil pada perdagangan malam ini.

EURUSD 
EURUSD sempat naik ke 1,07552 pada awal perdagangan sesi Eropa sebelum terpangkas. Data yangb dirilis dari zona euro menunjukkan inflasi produsen (producer price index/PPI) April -7,8% year-on-year (YoY), dibandingkan bulan sebelumnya -8,5% YoY.

Penurunan tajam PPI tersebut berpeluang membuat tekanan inflasi (consumer price index/CPI) ke depannya juga menurun. Jika itu terjadi, bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) berpeluang memangkas suku bunga. Hal tersebut memberikan sentimen negatif ke EURUSD.

GBPUSD 
GBPUSD naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 1,25840. Dibandingkan penutupan perdagangan Jumat, GBPUSD naik 381 poin (38,1 pip). GBPUSD masih diuntungkan oleh rilis data dari Amerika Serikat Jumat pekan lalu yang memunjukkan pelemahan pasar tenaga kerja.

Jika terus berlanjut, ada peluang tekanan inflasi di Amerika Serikat bisa mereda dan peluang The Fed memangkas suku bunga menjadi lebih terbuka. Tanpa rilis data ekonomi penting dari AS malam ini, fundamental tersebut masih akan mempengaruhi GBPUSD.

USDJPY 
USDJPY bergerak sideways pada awal perdagangan sesi Eropa setelah sebelumnya naik 982 poin (98,2 pip) ke 154,005. Kenaikan tersebut terjadi setelah pada pekan lalu USDJPY bergerak liar akibat isu intervensi oleh bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) sehingga mencatat penurunan 5.417 poin (541,7 pip).

Namun, USDJPY yang kembali naik menunjukkan bagaimana lemahnya yen. Di sisi lain jika kembali menanjak, pelaku pasar tentunya mempertimbangkan potensi intervensi lagi. Hal ini akan membatasi kenaikan USDJPY

Nasdaq
Nasdaq bergerak volatil pada awal perdagangan sesi Eropa berada dalam rentang 17.983 - 18.051. Memanasnya konflik Israel dan Hamas membuat Nasdaq turun pagi tadi sebelum perlahan rebound.

Tetapi, jika konflik kedunya semakin memamas ada potensi Nasdaq akan diterpa sentimen negatif.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga