SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Market Highlights: Indeks Nasdaq Berpeluang Turun Dibalik Sentimen Tingginya TIngkat Imbal Hasil Obligasi AS dan Kekhawatiran terhadap Ketegangan Geopolitik
Macro Overview

Market Highlights: Indeks Nasdaq Berpeluang Turun Dibalik Sentimen Tingginya TIngkat Imbal Hasil Obligasi AS dan Kekhawatiran terhadap Ketegangan Geopolitik

Updated Jumat, 30 September 2022

Indeks Nasdaq berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek di hari Jumat (30/9) di tengah sentimen tingginya tingkat imbal hasil obligasi di tengah masih terjaganya prospek kenaikan suku bunga AS. Sentimen lain yang dapat membebani indeks Nasdaq adalah kekhawatiran pasar terhadap masalah ketegangan geopolitik terkait Rusia dengan Ukraina.

Tingkat imbal hasil obligasi AS yang bertenor 10 tahun bergerak naik ke level tingginya di 3.796%. Kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS berjalan seiring kegelisahan pasar terhadap kebijakan ekonomi dari Federal Reserve AS dan potensi kenaikan suku bunga di masa depan yang dipicu serangkaian komentar hawkish dari para pejabat Fed.

Pada hari Kamis, Presiden Fed San Fransisco Mary Daly mengatakan bahwa dia nyaman dengan suku bunga naik ke level tingginya di 5% di tahun 2023, sementara itu presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan kepada CNBC bahwa dia tidak melihat ada alasan untuk memperlambat kenaikan suku bunga.

Meningkatnya prospek kenaikan suku bunga oleh The Fed berpotensi membebani saham-saham perusahaan teknologi, karena sektor tersebut sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang mana dapat membatasi potensi pertumbuhan mereka dalam jangka panjang.

Sentimen lain yang dapat membebani indeks Nasdaq adalah kekhawatiran terhadap ketegangan geopolitik setelah Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat umumkan empat wilayah baru negara itu, tak lama setelah menandatangani dekrit yang secara resmi mencaplok bagian-bagian Ukraina yang diduduki.

Dalam pernyataannya, Putin mengatakan bahwa ada empat wilayah baru di Rusia yaitu “republik”pro Rusia yang memproklamirkan diri di Luhansk dan Donetsk di timur dan di Kherson dan Zaporizhzia di selatan.

(Faisyal)

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga