SUPPORT CENTER     021-50928899     Log in
Berita Market Highlights: Indeks Nikkei Berpeluang Turun Seirng Pesimisnya Data Manufaktur Jepang dan Kekhawatiran Terhadap Resesi

Market Highlights: Indeks Nikkei Berpeluang Turun Seirng Pesimisnya Data Manufaktur Jepang dan Kekhawatiran Terhadap Resesi

Kamis, 23 Juni 2022

Indeks Nikkei berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek pada hari Kamis (23/6) di tengah pesimisnya data manufaktur Jepang, sentimen hindar aset berisiko yang disebabkan kekhawatiran terhadap resesi dan outlook tertekannya harga minyak mentah.

Pagi ini, Jepang merilis data indeks manufakturnya untuk periode Juni yang menunjukkan perlambatan aktivitas karena pembatasan yang ketat yang disebabkan penyebaran virus Covid-19 di Tiongkok yang berdampak terhadap permintaan manufaktur.

Pembacaan awal untuk indeks manufaktur periode Juni turun menjadi ke level 52.7, ini lebih rendah dari pembacaan akhir 53.3 di bulan Mei, yang menjadi level paling lambat sejak Februari yang juga di level 52.7.

Sentimen lain yang dapat memicu pelemahan indeks Nikkei adalah kekhawatiran terhadap kemungkinan resesi ekonomi global, khususnya di AS setelah ketua The Fed Jerome Powell semalam mengatakan bahwa bank sentral masih berkomitmen kuat untuk mengendalikan inflasi yang berada di level tertinggi 40 tahun. Pasar terlihat semakin khawatir bahwa pengetatan moneter yang agresif akan mengarahkan ekonomi AS ke dalam resesi.

Selain itu, pasar juga tampaknya waspadai outlook penurunan harga minyak mentah yang dapat membebani saham-saham perusahaan di sektor energi dibalik laporan meningkatnya cadangan minyak mentah AS dalam laporan American Petroleum Institute (API) dan kekhawatiran melambatnya permintaan bahan bakar.

(Faisyal)

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga