SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Harga Gold Anjlok ke US$ 2.342 Jelang Rilis Data NFP Amerika Serikat
Breaking News

Harga Gold Anjlok ke US$ 2.342 Jelang Rilis Data NFP Amerika Serikat

Updated Jumat, 7 Juni 2024

Harga Gold anjlok pada awal perdagangan sesi Eropa Jumat (7/6/2024), menyentuh level terendah harian US$ 2.342,54 per troy ons. Jika dilihat sejak pukul 15:00, harga Gold tercatat merosot US$ 31 atau 310 pip.

Penurunan tersebut bahkan lebih tajam lagi jika dilihat pada tengah hari tadi Gold sempat menyentuh level US$ 2.387 per troy ons, tertinggi dalam dua pekan terakhir.

Anjloknya Gold terjadi menjelang rilis data tenaga kerja Amerika Serikat termasuk non-farm payrolls (NFP) malam ini. Data ini menjadi perhatian utama sebab bisa menentukan peluang pemangkasan suku bunga The Fed ke depannya.

Untuk saat ini pelaku pasar melihat The Fed baru akan memangkas suku bunga pada September, dengan probabilitas sebesar 68%, berdasarkan data dari perangkat FedWatch. Rilis data pasar tenaga kerja malam ini bisa memberikan dampak yang besar ke probabilitas tersebut dan berpengaruh signifikan ke harga Gold dan pergerakan pasar yang lebih luas.

Data NFP yang lebih tinggi dari forecast akan menjadi kejutan besar dan berpotensi menurunkan probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed, harga Gold tentunya bisa semakin tertekan. Tetapi sebaliknya jika NFP menunjukkan pasar tenaga kerja yang melemah, pelaku pasar bisa semakin yakin The Fed  akan memangkas suku bunga pada September, yang bisa menjadi sentimen positif bagi Gold.


Note: rilis data ekonomi dan forecast selengkapnya bisa Anda lihat pada MIFX App pada bagian Info Produk subtab Kalender.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga