SUPPORT CENTER     021-50928899     Log in
Berita Market Highlights: Emas Berpeluang Naik di Tengah Ketegangan Geopolitik. Namun, Waspadai Outlook Menguatnya Dollar AS

Market Highlights: Emas Berpeluang Naik di Tengah Ketegangan Geopolitik. Namun, Waspadai Outlook Menguatnya Dollar AS

Updated Jumat, 23 September 2022

Emas berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek pada hari Jumat (23/9) di tengah sentimen kekhawatiran pasar terhadap ketegangan geopolitik terkait Rusia dengan Ukraina. Namun, kenaikan dapat terbatas dibalik outlook menguatnya dollar AS seiring optimisnya data ekonomi AS dan sikap hawkish Federal Reserve AS.

Emas berpeluang bergerak naik di tengah outlook permintaan aset safe haven dibalik kekhawatiran pasar terhadap ketegangan geopolitik terkait Rusia dengan Ukraina setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dia akan mengerahkan lebih banyak pasukan ke dalam perangnya melawan Ukraina sambil mengancam akan menggunakan senjata nuklir.

Puttin telah melipatgandakan jumlah pasukannya dengan akan memobilisasi 300.000 tentara tambahan, jumlah yang lebih besar dari kekuatan invasi awal, dan Moskow juga tampaknya siap untuk mencaplok wilayah Ukraina di bawah kendalinya.

Namun, kenaikan harga emas dapat terbatas dibalik outlook menguatnya dollar AS dibalik keputusan Federal Reserve AS yang menaikan suku bunga sebesar 75 bps dalam pertemuan mereka di pekan ini serta diproyeksikan suku bunga akan terus di naikan hingga akhir tahun 2023.

Selain itu yang dapat menopang penguatan dollar AS adalah optimisnya data ekonomi AS seperti klaim awal tunjangan pengangguran yang menunjukkan sebanyak 213.000 orang yang mengajukan klaim pada pekan lalu, naik tipis dari 208.000 dari pekan sebelumnya, namun di bawah estimasi untuk jumlah klaim sebesar 218.000. Sementara itu data neraca berjalan juga menunjukkan defisit yang mengecil di kuartal kedua dengan berkontraksi sebesar 11.1% menjadi $251.1 miliar, ini lebih baik dari perkiraan untuk defisit $261 miliar.

Selanjutnya pada hari ini pasar akan mencari katalis dari data ekonomi AS seperti Flash Services PMI dan Flash Manufacturing PMI yang dirilis bersamaan pukul 20:45 WIB serta pidato ketua The Fed Jerome Powell pada pukul 1:00 WIB/Sabtu.

(Faisyal)

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga