SUPPORT CENTER     021-50996650     Log in
Berita Market Highlights: Harga Minyak Naik Ditengah Pembahasan G7

Market Highlights: Harga Minyak Naik Ditengah Pembahasan G7

Updated Jumat, 25 November 2022

Harga minyak nampak bergerak naik di siang ari Jumat (25/11), di tengah pembahasan pembatasan harga minyak mentah Rusia oleh G7, dipandang rancu dan tidak menunjukkan kejelasan.

Negara-ngwara G7, yang mayoritas merupakan negara Eropa, kecuali AS dan Jepang, membahas pembatasan harga tertinggi yang akan dibayarkan negara Eropa terhadap minyak mentah Rusia. Hal ini adalah langkah lanjutan dari embargo negara-negara Eropa sejak serangan pertama Rusia ke Ukraina yang terus berlanjut hhigga saat ini. Sebelumnya, dengan seruan AS sebagai ketua NATO, mengajak negara-negara NATO dan negara Uni Eropa lainnya untuk menghentikan pembelian minyak mentah Rusia sebagai sanksi serangan Rusia tersebut. Tetapi dengan berhentinya minyak mentah dan gas Rusia ke negara-negara Eropa, menyebabkan krisis bahan bakar di benua Eropa, menyebabkan terhambatnya industri dan memperburuk pemulihan industri da ekonomi benua tersebut.

Jelang musim dingin, dan kebutuhan bahan bakar yang sangat tinggi, serta kurangnya sumber daya alternatif seperti batu bara, menyebabkan perlunya negara Eropa kembali membeli minyak mentah dari Rusia, walau sebagai upaya membatasi harga pembelian tertinggi, menunjukkan ketergantungan negara-negara Eropa pada minyak mentah Rusia. Pelaku pasar memandang, jika harga yang ditawarkan G7 cukup tinggi dan lebih baik dari harga jual minyak entah Rusia saat ini, yang di-diskon kepaa negara konsumen global lainnya, maka Rusia sangat mungkin menyetujui penawaran tersebut dan dapat menekan haga minyak turun karena aliran minyak mentah Rusia mningkat di pasar global. Tetapi jika Rusia menolak penawaran G7, dapat eningkatkan ketegangan di benua Eropa dan meningkatkan kelangkaan minyak mentah di benua tersebut, sehingga harga minyak berpeluang naik.

Selain pembahasan G7 ini, pergerakan dolar AS jelang libur akhir pekan panjang menjadi peluang penggerak harga minyak hingga malam nanti, dengan penutupan yang lebih awal pada jam 01:45 WIB.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga