SUPPORT CENTER     021-50996650     Log in
Berita Market Highlights: Harga Minyak Naik Terbatas; Nantikan Hasil Pembahasan G7

Market Highlights: Harga Minyak Naik Terbatas; Nantikan Hasil Pembahasan G7

Updated Kamis, 24 November 2022


Harga minyak nampak naik terbatas di siang ahri Kamis (24/11), seiring sikap hati-hati pasar terkait pembahasan negara-negara G7 untuk pembatasan harga minyak mentah Rusia.

Sebelumnya negara-negara G7 yang mayoritas adalah negara Eropa, dan mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina di awal tahun 2022 lalu, menyerukan tidak akan membeli minyak mentah Rusia. Tetapi dengan krisis bahan bakar dan sumber energi, serta menjelang musim dingin di negara-negara tersebut, nampak memaksa negara-negara tersebut untuk mencoba membeli kembali minyak mentah Rusia. Tetapi dikepalai negara AS, pertemuan G7 membahas membeli minyak mentah Rusia dengan dibawah harga pasar, sebagai bagian dari sanksi negara barat terhadap Rusia. Hal ini menjadi perhatian pelaku pasar karena menantikan sikap dari pemerintah Rusia terhadap hasil pertemuan tersebut.

Jika Rusia menerima hasil kesepakatan G7, dapan menekan harga minyak karena aliran minyak mentah Rusia ke negara-negara Eropa dapat berlanjut dengan harga yang lebih rendah. Sedangkan, di tengah peran dingin saat ini antara negara barat dan Rusia, sangat mungkin pembatasan harga akan memicu kemarahan Rusia, yang mungkin saja malah menerapkan harga premium atau lebih tinggi  hingga menghentikan semua penjualan minyak mentah ke negara-negara Uni Eropa.

Selain sikap pemerintah Eropa, pergerakan sentimen dolar AS juga membantu peluang pergerakan harga minyak hingga malam hari nanti. Harga minyak akan ditutup lebih awal malam nanti, pada jam 02:30WIb, karena perayaan Thanks Giving di AS.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga