SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Macro Overview AS - Data Ekonomi Amerika Diprediksi Memburuk, Gold Berpotensi Lanjutkan Kenaikan
Macro Overview

Macro Overview AS - Data Ekonomi Amerika Diprediksi Memburuk, Gold Berpotensi Lanjutkan Kenaikan

Updated Selasa, 27 Februari 2024

GOLD
Sesuai dengan proyeksi Macro Overview sebelumnya, harga Gold (XAUUSD) naik pada awal perdagangan sesi Eropa Selasa (27/2/2024), menyentuh level tertinggi harian US$ 2.039,42 per troy ons. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, Gold naik US$ 8,34.

Indeks dolar Amerika Serikat (AS) yang mengalami penurunan ke 103,609 membuat Gold mampu naik. Pada perdagangan malam ini rilis data penjualan barang tahan lama AS bisa mempengaruhi pergerakan Gold. Forecast di Trading Central menunjukkan pesanan barang tahan lama pada Januari -4% month-on-month (MoM), lebih buruk dari bulan sebelumnya yang stagnan 0%.

Data tersebut bisa semakin menekan dolar AS dan menjadi sentimen positif bagi Gold jika dirilis lebih rendah dari forecast.

OIL 
Hingga awal perdagangan sesi Eropa harga Oil belum banyak bergerak, berada dalam rentang US$ 77,28 - US$ 77,94 per barel. Oil sedang mendapat sentimen positif dari mengetatnya pasokan minyak diesel.

Selain itu, adanya potensi gangguan supply sebab Houthi masih terus menyerang kapal tanker yang melintasi Laut Merah.

Pada perdagangan malam ini, sentimen positif bagi Oil akan bertambah jika indeks dolar AS semakin menurun.

EURUSD
EURUSD naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 1,08647. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, EURUSD naik 146 poin (14 pip). EURUSD sedang mendapat sentimen positif setelah rilis data purchasing managers’ index (PMI) jasa zona euro pada pekan lalu yang secara mengejutkan tumbuh menjadi 50 pada Januari dibandingkan bulan sebelumnya 48,4 dan forecast di Trading Central 49.

Rilis tersebut menunjukkan perekonomian blok 20 negara tidak seburuk perkiraan banyak analis, apalagi mampu terhindar dari resesi pada kuartal IV-2023. Dengan perekonomian yang tidak terlalu buruk, ada kemungkinan bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) menahan suku bunga tinggi lebih lama.

Sentimen positif bagi EURUSD akan bertambah jika data penjualan barang tahan lama AS dirilis lebih rendah dari -4% MoM.

GBPUSD 
GBPUSD sempat naik ke 1,26968 pada perdagangan sesi Eropa sebelum terpangkas. GBPUSD berpeluang melanjutkan kinerja impresif setelah sebelumnya mencatat kenaikan dalam tujuh dari delapan hari terakhir.

GBPUSD mendapat sentimen positif sejak pekan lalu pasca rilis PMI komposit (manufaktur dan jasa) pada Januari sebesar 53,3 sesuai dengan forecast dan lebih tinggi dari bulan sebelumnya 52,9.

USDJPY
USDJPY turun pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level terendah harian 150,114. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, USDJPY turun 595 poin (59 pip). Aksi profit taking menjadi pemicu penurunan tersebut, sebab USDJPY berada di dekat level tertinggi dalam 23 tahun terakhir.

Pada perdagangan malam ini, aksi profit taking berpotensi berlanjut jika data ekonomi AS dirilis lebih rendah dari forecast.

Nasdaq 
Nasdaq naik pada awal perdagangan sesi Eropa, menyentuh level tertinggi harian 18.024. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, Nasdaq naik 75 indeks poin.

Nasdaq berpotensi mendapat tambahan sentimen positif jika data penjualan barang tahan lama AS dirilis lebih rendah dari forecast

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga