SUPPORT CENTER     021-50996650 / 021-50928899     Log in
Berita Gold Bertahan di atas US$ 2.300, Tetapi Sentimen Negatif Masih Membayangi
Macro Overview

Gold Bertahan di atas US$ 2.300, Tetapi Sentimen Negatif Masih Membayangi

Updated Rabu, 24 April 2024

GOLD
Harga Gold (XAUUSD) sempat turun ke bawah US$ 2.300 per troy ons pada Selasa sebelum perlahan rebound dan menutup perdagangan di US$ 2.322,05 per troy ons. Dibandingkan penutupan perdagangan Senin, Gold hanya turun US$ 5,19.

Gold berhasil rebound setelah data dari Amerika Serikat (AS) menunjukkan sektor manufaktur kembali mengalami mengalami kontraksi pada bulan ini. Namun, Gold sebenarnya masih dibayangi sentimen negatif akibat mendinginnya konflik Iran dengan Israel.




Sentiment Analysis menunjukkan nilai 3 yang berarti sangat negatif bagi Gold dengan Confidence Index moderat atau rata-rata.

Sentiment Analysis menggunakan angka skala 0 - 100, semakin dekat dengan nol sentimen semakin negatif, sebaliknya semakin dekat dengan 100 artinya semakin positif. Sementara Confidence Index dibedakan menjadi tiga, yakni rendah, rata-rata dan tinggi. Confidence Index bisa menggambarkan seberapa valid Sentiment Analysis.

Sentimen tersebut masih akan mempengaruhi Gold pada perdagangan sesi Eropa Rabu (24/4/2024).

OIL 
Harga Oil (CLS10) rebound dan menutup perdagangan Selasa di US$ 83,37 per barel, naik US$ 1,26. Oil sebelumnya sempat turun ke US$ 80,87 per barel, tertekan oleh mendinginya konflik Iran dengan Israel. Pelaku pasar melihat risiko terganggunya supply dari Timur Tengah kini tidak terlalu besar.

Oil berhasil mencatat kenaikan setelah American Petroleum Institute (API) melaporkan penurunan stok di Amerika Serikat lebih dari 3 juta barel dalam sepekan yang berakhir 19 April. Penurunan stok Oil tersebut mematahkan forecast kenaikan sebesar 1,8 juta barel di Trading Central.




Akibat dua faktor tersebut, Sentiment Analysis menunjukkan angka 56 yang berarti netral bagi Oil dengan Confidence Index yang tinggi.

Melihat hal tersebut, Oil kemungkinan akan bergerak sideways pada perdagangan sesi Eropa.

EURUSD 
EURUSD naik 485 poin (48,5 pip) ke 1,07023 pada perdagangan Selasa, mendapat sentimen positif dari rilis data PMI jasa zona euro yang mengalami peningkatan ekspansi.

Pada perdagangan sesi Eropa, rilis data iklim bisnis Jerman dari Ifo pada pukul 15:00 WIB bisa menjadi penggerak EURUSD. Forecast di Trading Central menunjukkan iklim bisnis pada bulan ini naik menjadi 88,9 dibandingkan bulan lalu 87,8.

Data tersebut bisa memberikan dorongan bagi EURUSD jika dirilis lebih tinggi dari forecast.

GBPUSD 
PMI jasa Inggris yang menunjukkan peningkatan ekspansi pada bulan ini membuat GBPUSD naik lebih dari 1000 poin (100 pip) ke 1,24502 Selasa kemarin. PMI jasa Inggris pada bulan ini dilaporkan tumbuh menjadi 54, lebih tinggi dari Maret 52,8 dan forecast di Trading Central 53.

Selain itu, kepala ekonom bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) Huw Pill mengatakan jalan masih panjang sebelum dia yakin inflasi inflasi sektor jasa Inggris sudah dalam tren penurunan.


 

Data PMI dan pernyataan BoE Pill masih akan menjadi pendorong GBPUSD pada perdagangan sesi Eropa. Sentiment Analysis menunjukkan nilai 85 yang berarti sangat positif, tetapi Confidence Index masih rendah.

USDJPY 
USDJPY masih berada di level tertinggi dalam 34 tahun terakhir meski stagnan di 154,831 pada perdagangan Selasa kemarin. Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki kembali memperingatkan bahwa otoritas mungkin akan melakukan intervensi langsung untuk menguatkan yen.

Pelaku pasar kembali melihat ada potensi intervensi akan dilakukan jika USDJPY terus mengalami kenaikan. Hal ini membuat USDJPY akan sulit untuk melanjutkan kenaikan pada awal perdagangan sesi Eropa.

Nasdaq
Nasdaq melesat 312 indeks poin ke 17.656 pada perdagangan Selasa kemarin, melanjutkan kenaikan hari sebelumnya. Nasdaq mendapat sentimen positif dari mendinginnya konflik Iran dengan Israel.

Selain itu, laporan earning beberapa emiten memberikan sentimen positif ke indeks saham AS. Sentiment Analysis menunjukkan nilai 91 yang berarti sangat positif bagi Nasdaq, dengan Confidence Index yang moderat.

Note: Sentiment Analysis merupakan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang menganalisis puluhan ribu data dari berita, blog, hingga sosial media untuk mengetahui sentimen pasar yang menyelimuti pergerakan sebuah produk keuangan. Sentiment Analysis disediakan oleh Trading Central dan bisa dilihat pada MIFX App.

Berita Terkait

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: 003/SPKK/ICH-MIF/VII/2017
MEDIA SOSIAL
PT Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
Email
Password
FORGOT PASSWORD
Scan QR untuk Download Aplikasi MIFX Sekarang Juga