Call Center   0800-11-66639
   0800-11-66639         CLIENT AREA
Hal Penting yang Harus Anda Ingat saat Trading Komoditas

Hal Penting yang Harus Anda Ingat saat Trading Komoditas

10/12/2018 15:19
Jangan Pakai Keseluruhan Modal Untuk Trading
Volatilitas harga dalam pasar komoditas seringkali membawa potensi profit yang cukup besar. Namun, volatilitas tersebut juga memiliki potensi risiko yang sebanding. Untuk itu, bagi Anda yang baru belajar trading online, atau memiliki potensi risiko rendah hingga sedang, hindari memanfaatkan seluruh modal yang Anda miliki untuk trading.

Banyak trader profesional menyarankan untuk menempatkan hanya sekitar 2% dari keseluruhan modal Anda pada tiap sesi trading. Dengan demikian, Anda memiliki margin atau sisa dana yang cukup besar jika sewaktu-waktu risiko terjadi.

Trading Mengikuti Short Term Trade Memiliki Potensi Keuntungan yang Besar
Di kalangan trader profesional, terdapat pepatah "trend is your friend" yang bermakna tren adalah sahabat terbaik bagi para trader. Salah satu tren yang paling mudah diikuti tentunya adalah tren jangka pendek hingga menengah, sebab pergerakannya lebih mudah dipantau dan diperkirakan.

Dengan begitu, bagi Anda yang ingin menerapkan strategi ini, trading mengikuti tren jangka pendek dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan analisis teknikal pada pergerakan harga yang berlangsung. Bagi Anda yang ingin mempelajari cara trading menggunakan analisis teknikal, Anda dapat mendownload ebook 'SUKSES TRADING UNTUK PEMULA' di sini.

Jangan Membuka Posisi Baru saat Sedang dalam Posisi Rugi
Pada perdagangan forex atau instrumen keuangan lain, averaging down pada posisi yang sedang merugi mungkin dapat menambah peluang Anda untuk meraih profit saat pergerakan harga mengalami rebound atau reversal.

Namun, hal tersebut sebaiknya Anda hindari di pasar komoditas. Sebab, pergerakan harga pasar komoditas seringkali sangat volatil sehingga sulit diprediksi. Hal tersebut disebabkan harga komoditas tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya transaksi yang berlangsung, namun juga permintaan dan kondisi suplai yang terjadi di bidang industri. Sehingga, saat pergerakan harga melawan perkiraan Anda, cara terbaik adalah segera menempatkan stop loss pada posisi yang paling sesuai dengan target Anda.

Perhatikan Status Komoditas dan Hal yang Mempengaruhinya
Hal yang cukup penting namun sering terlupakan adalah status dan nilai intrinsik sebuah komoditas dapat mempengaruhi fluktuasi harganya. Sebagai contoh, meski sama-sama merupakan logam bernilai tinggi, Emas memiliki status yang lebih tinggi dibanding silver. Sebab, emas dikenal memiliki status sebagai aset safe haven, atau aset yang cenderung digunakan untuk mengamankan kekayaan. Sehingga pergerakannya juga akan berbeda tergantung situasi dan kondisi ekonomi yang sedang terjadi di negara tiap trader.

Contoh lain, harga oil di pasar komoditas seringkali tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah permintaan transaksi yang muncul, namun juga kebutuhan industri yang bergantung pada suplai minyak mentah. Sehingga, untuk dapat melakukan analisis yang akurat, seorang trader tidak hanya perlu memperhatikan proses jual beli yang terjadi di pasar komoditas, namun juga kebutuhan industri akan jenis minyak yang diperdagangkan.
Selanjutnya
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
 
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
Indonesia Clearing House: No. 003/SPKK/ISI-MIF/V/2010
Hotline pelayanan pengaduan 0800-10-11888
SOCIAL MEDIA
Our Facebook Our Instagram Our Twitter Our Youtube
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOGIN
FORGOT PASSWORD